Foto.Shutterstock

Ingin mendapatkan gaji fantastis setelah lulus kuliah? Seorang youtuber asal Indonesia yang bekerja di Jerman menjelaskan bidang pekerjaan dengan gaji fantastis.

Seperti yang diketahui, setiap upah atau gaji yang dibayarkan pada orang akan bergantung pada bidang pekerjaan, kualifikasi, atau keahliannya. Youtuber dengan nama akun Mommy Tarigan & Family menjelaskan tentang bidang pekerjaan yang paling dicari di Jerman dan memiliki gaji fantastis.

Lantas apa pekerjaan tersebut?

Pekerjaan Bidang IT

Dalam akun youtube tersebut, dijelaskan bahwa pekerjaan yang paling banyak dicari adalah bidang informasi dan teknologi yaitu software engineer.

“Software engineer adalah orang-orang yang mendesain dan mengimplementasikan software-software komputer,” terang Mommy Tarigan seperti dikutip detikEdu dari kanal YouTube Mommy Tarigan & Family, Kamis (30/9).

Terkait mengapa software engineer banyak dicari di Jerman, suami Tarigan yang juga hadir dalam kanal tersebut menjelaskan alasannya adalah semakin banyak perusahaan-perusahaan yang mendigitalkan sistem informasi.

Digitalisasi diperlukan, karena perusahaan memiliki banyak sekali sistem informasi, sistem kepegawaian, sistem keuangan, dan serta layanan yang berurusan langsung dengan konsumen.

“Tidak usah jauh-jauh, kita sendiri sebagai konsumen menggunakan banyak aplikasi online untuk misalnya belanja, tracking barang yang dikirimkan kepada kita. Jadi semakin banyak software engineer yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut,” katanya.

Lulusan Indonesia bisa lamar software engineer Jerman

Menurut penjelasan keluarga Tarigan yang bekerja di Jerman, bidang pekerjaan software engineer tidak memandang asal negara, tetapi yang dilihat adalah kemampuan atau keahliannya.

“Saya punya teman yang direkrut langsung dari Indonesia untuk bekerja di sini. Tetapi posisi ini biasanya untuk keahlian yang susah dicari kandidatnya di Jerman,” ungkapnya.

Menurutnya, kebanyakan perusahaan di jerman mencari kandidat dari luar Jerman. Apabila sebuah perusahaan mendukung visa calon pekerja, hal itu berarti mereka akan bisa mendukung pekerja asing untuk bekerja di Jerman.

Berdasarkan LinkedIn, gaji rata-rata untuk posisi software engineer di Jerman adalah 54 ribu Euro (Rp901 juta) pertahun. Secara rinci, sekitar 40 ribu sampai 71 ribu Euro (Rp667 juta – Rp1,1 miliar).

Tarigan menjelaskan bahwa besar gaji yang didapatkan tergantung dari perusahaan itu berada di kota mana dan juga kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi tersebut.

“Misalnya saja Berlin dan Munich. Biaya hidup di Munich itu jauh lebih tinggi dibandingkan di Berlin, jadi gajinya disesuaikan juga. Berdasarkan website LinkedIn, misalnya untuk di Berlin range-nya adalah dari 41 ribu Euro sampai 70 ribu Euro per tahun. Sedangkan di Munchen itu dari 44 ribu sampai 76 ribu Euro (Rp734 juta – Rp1,2 M) setahun,” paparnya.

Untuk gaji software engineer di Jerman bisa mencapai Rp 4 miliar per tahun. Biasanya gaji besar yang didapatkan dari perusahaan-perusahaan yang besar atau multinasional karena memberikan kompensasi tambahan selain gaji pokok.

“Misalnya dalam bentuk saham atau uang. Dan kompensasi tambahan ini bisa besarnya signifikan. Terutama, kepada orang-orang yang sudah berpengalaman atau memiliki keahlian khusus,” tuturnya.

Di akhir videonya, Tarigan juga berpesan kepada mahasiswa untuk terus semangat dalam kuliah agar bisa menjadi seorang software engineer di Jerman.

“Buat teman-teman yang masih mahasiswa, semangat kuliahnya supaya segera lulus dan menjadi software engineer. Kalau bisa di Jerman yang gajinya lumayan gede, ya.” pungkasnya.

Editor: NUL

Sumber: detiknews