Penderita diabetes tak boleh sembarang menyantap makanan dan minuman. Namun, 7 buah berikut baik dikonsumsi agar kadar gula darah tetap stabil. Apa saja?

Buah-buahan salah satu makanan bergizi yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Bagi penderita diabetes, buah-buahan juga aman untuk dikonsumsi.

Karena, buah-buahan memiliki rasa manis yang alami. Cocok dikonsumsi penderita diabetes yang memiliki pantangan tak boleh mengonsumsi makanan dengan kandungan gula berlebih.

Penderita diabetes dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat. Seperti nasi putih, roti, hingga minuman manis yang memakai banyak pemanis buatan.

1. Apel
Apel adalah salah satu buah yang memiliki rasa manis. Buah berwarna merah ini diketahui mengandung serat dan vitamin tinggi yang menyehatkan tubuh.

Buah ini bisa menjadi alternatif camilan sehat bagi penderita diabetes. Karena mengonsumsi apel tidak meningkatkan kadar gulah dan juga insulin. Tak hanya sebagai camilan, tapi juga enak untuk menu sarapan.

2. Alpukat
Alpukat sudah dikenal sebagai salah satu buah yang menyehatkan. Di dalamnya mengandung beragam vitamin, mineral, hingga lemak asam omega-3.

Selain baik dikonsumsi pelaku diet, alpukat juga sangat menyehatkan bagi penderita diabetes. Kamu bisa mengonsumsinya secara rutin dengan mengolahnya sebagai smoothie atau campuran salad.

3. Pepaya
Walaupun harganya murah, namun pepaya menyimpan beragam nutrisi penting yang menyehatkan tubuh. Buah ini mengandung vitamin C tinggi yang berperan sebagai sumber zat antioksidan.

Buah ini juga mengandung flavonoid yang dapat membantu mengatur gula darah. Sehingga pepaya dapat dijadikan alternatif camilan yang sehat. Pepaya bisa kamu konsumsi langsung, dijadikan jus atau campuran salad juga terasa lezat.

4. Belimbing
Sebagai negara tropis, buah belimbing mudah ditemui di Indonesia. Buah dengan bentuk menyerupai bintang ketika dipotong ini memiliki rasa manis agak asam.

Belimbing biasanya dikonsumsi sebagai campuran rujak ataupun jus. Buah ini memiliki kandungan serat dan vitamin C tinggi. Selain itu, belimbing juga mengandung zat anti-inflamasi dan kandungan gulanya rendah.

5. Melon
Buah melon paling enak dinikmati saat cuaca panas karena kandungan airnya yang tinggi. buah ini juga memiliki rasa manis alami yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Melon juga memiliki kandungan serat, potasium, magnesium, vitamin B, dan C yang tinggi. Bisa dinikmati langsung ataupun dijadikan campuran salad.

6. Buah Naga
Punya rasa manis yang pas, buah naga juga baik dikonsumsi penderita diabetes. Buah ini juga kerap dijadikan pengobatan alami beberapa penyakit.

Biji pada buah naga dapat dikonsumsi dan memiliki bermanfaat dalam mengontrol gula darah dalam tubuh. Buah ini sangat enak dijadikan jus yang menyegarkan.

7. Jeruk
Jeruk, salah satu jenis buah citrus yang telah diketahui mengandung vitamin C tinggi. Buah ini juga memiliki serat yang banyak, sehingga baik dalam meningkatkan keseahtan pencernaan.

Tak hanya itu, buah jeruk juga bisa jadi camilan sehat bagi penderita diabetes. Kandungan seratnya dapat menurunkan kadar gula pada peredaran darah. Ada juga kandungan zat antioksidan yang baik dalam menjaga imunitas.

 

editor : null
sumber : detik