Sarapan pagi merupakan waktu makan terpenting untuk mengawali hari. Sudah banyak penelitian yang menunjukkan hubungan antara
sarapan dengan manfaat baik bagi kesehatan.
Sarapan memberi tubuh asupan energi untuk dapat beraktivitas sepanjang hari. Bahkan, bagi yang tengah diet sekalipun tetap disarankan untuk tidak melewatkan sarapan.

Dengan sarapan, metabolisme akan meningkat dan merangsang tubuh lebih banyak membakar kalori. Tentu selain itu, menu sarapannya pun mesti diperhatikan.

Berikut 5 rekomendasi menu sarapan diet yang mengenyangkan agar perut tak cepat keroncongan sebelum waktu makan siang tiba.

1. Tahu telur orak-arik
Tahu adalah makanan yang rendah kalori namun tinggi protein yang dapat meningkatkan rasa kenyang tanpa khawatir berat badan naik.

Mengombinasikannya dengan sebutir telur dan sayuran seperti wortel, tomat, buncis, brokoli, atau bayam akan melengkapi kebutuhan serat, vitamin, dan protein harian.

Di samping itu, memasak tahu telur sayur orak-arik ini cukup cepat dilakukan sehingga menghemat waktu di pagi hari.

2. Salad saus madu lemon
Salad yang identik dengan dressing mayonaise dapat diganti dengan saus madu lemon (lemon-honey dressing salad) buatan sendiri.

Saus madu lemon ini tentu lebih rendah kalori dan lemak yang tak akan merusak rencana diet Anda.

Salad saus madu lemon juga menciptakan rasa gurih segar yang tak kalah lezat dengan saus mayonaise biasa.

3. Oatmeal pisang

Menu sarapan diet yang mengenyangkan dan bernutrisi selanjutnya adalah oatmeal dengan topping buah pisang.

Oatmeal merupakan sumber karbohidrat kompleks yang tinggi serat dan rendah gula. Oatmeal juga mengandung beta-glukan yang dapat menurunkan gula darah dan menekan nafsu makan berlebih.

Untuk menambah rasa nikmat pada oatmeal, Anda bisa menambahkan buah pisang yang juga kaya serat dan memberi rasa manis alami.

4. Bubur ayam beras merah
Merujuk Healthline, beras merah mengandung berbagai nutrisi dan lebih tinggi protein, serat, serta antioksidan daripada beras putih.

Anda bisa mengkreasikan beras merah menjadi bubur ayam yang nikmat dan mengenyangkan.

Masak beras merah menjadi bubur seperti memasak bubur biasanya, lalu beri topping telur atau daging ayam rebus tanpa kulit yang telah disuwir-suwir.

5. ‘Nasi goreng’ kembang kol
‘Nasi goreng’ yang identik sebagai menu sarapan masyarakat Indonesia ini alih-alih menggunakan nasi putih, justru menggantikannya dengan kembang kol.

Kembang kol diketahui memiliki kandungan serat yang lebih tinggi tapi rendah karbohidrat, dengan tekstur menyerupai nasi setelah dimasak.

Untuk membuat nasi goreng kembang kol menjadi menu sarapan diet yang mengenyangkan, cacah kembang kol hingga menyerupai nasi.

Kemudian tumis selayaknya memasak nasi goreng. Campurkan juga telur dan sayuran untuk melengkapi nutrisinya.

 

editor : null
sumber : cnn