Kebiasaan sebelum tidur dapat mempengaruhi pagi Anda. (iStockphoto/pondsaksit)

Muka bantal lengkap dengan kantung mata membengkak rasanya sudah jadi hal biasa di pagi hari. Akan tetapi, Anda sebenarnya bisa bangun tidur dengan wajah lebih segar jika kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan sebelum tidur diperbaiki.

Kebiasaan sebelum tidur dapat membantu membuat wajah lebih segar di pagi hari. Mulai dari membangun kebiasaan perawatan kulit, pemilihan menu makan malam sampai posisi tidur yang tepat.

Berikut 7 kebiasaan sebelum tidur yang bikin wajah segar di pagi hari:

1. Tidur dalam kondisi wajah bersih

Malam hari, rasa lelah seperti nyaris membuat tubuh menempel di kasur. Namun, tetap pastikan wajah dalam kondisi bersih sebelum tidur walaupun Anda tidak mengenakan make up. Sepanjang hari, lapisan dermis menangkap polutan, kotoran dan sebum dari rambut dan jari.

Saat malam, kulit beregenerasi dan kulit mati terangkat. Proses ini bisa terganggu jika kulit dalam kondisi kotor.

“Ketika Anda memiliki tumpukan kotoran, riasan atau polutan lainnya, itu membuat kulit Anda sulit menyingkirkan sel-sel kulit mati,” kata Mona Gohara, profesor dermatologi di Yale School of Medicine mengutip dari Prevention.

2. Menghindari produk susu saat makan malam

Apa menu makan malam Anda? Segelas susu hangat biasanya cukup membuat tidur lebih nyenyak. Namun Joy McCarthy, ahli gizi holistik, menyarankan untuk menghindari produk susu jika ingin bangun dengan kondisi kulit bebas masalah.

“Riset menunjukkan bahwa produk susu memicu jerawat, tapi khususnya produk susu pasteurisasi,” kata McCarthy dikutip dari Best Health.

Teorinya, produk susu bisa memicu inflamasi yang kemudian menimbulkan breakout (jerawat parah). Jika Anda menginginkan camilan atau menu makan malam lebih sehat, coba masukkan pangan sumber antioksidan seperti buah-buahan, tomat, dark chocolate atau teh hijau.

3. Aplikasikan retinol

Turunan vitamin A seperti retinoid atau retinol akan membantu memudarkan bekas jerawat, noda hitam, tanda penuaan dan memicu regenerasi sel-sel kulit. Malam hari jadi waktu terbaik untuk mengaplikasikan produk dengan kandungan retinoid.

“Malam hari tidak ada paparan sinar UV, tekanan lingkungan, polusi, asap rokok, tidak ada pergantian temperatur yang ekstrem, dan Anda tidak mengenakan riasan,” kata ahli dermatologi Sonoa Au, dikutip dari The Healthy.

Editor: NUL

Sumber: cnnindonesia