Beberapa makanan, termasuk buah, punya kemampuan membakar lemak yang dapat membantu program diet untuk menurunkan berat badan. Berikut beberapa buah pembakar lemak saat tidur.
Pada dasarnya, proses pembakaran kalori akan terus berlangsung sepanjang hari, sekali pun saat Anda tertidur lelap. Jadi, tak ada salahnya untuk memperhatikan asupan malam Anda.

Perlu diketahui, tidur kurang dari 7-8 jam per hari akan menghambat proses pembakaran lemak. Tidur kurang dari 7-8 jam membuat jumlah lemak yang dibakar jadi lebih sedikit.

Selain itu, kurang tidur juga dapat membuat enzim pembakar lemak menjadi terganggu, meningkatkan hormon lapar ghrelin, dan menurunkan hormon kenyang leptin.

Dengan demikian, penting bagi Anda untuk memperhatikan pilihan makanan sebelum tidur demi proses metabolisme yang sempurna. Pilih-lah makanan yang dapat mempercepat metabolisme dan menjaga usus tetap tenang, serta meningkatkan kualitas tidur.

Salah satu yang bisa jadi pilihan adalah makanan pembakar lemak, termasuk di antaranya buah. Berikut beberapa buah pembakar lemak saat tidur, mengutip berbagai sumber.

1. Buah sitrus
Buah jenis sitrus mengandung serat sebagai nutrisi pembakar lemak dan vitamin C. Mengutip laman HealthFully, vitamin C dapat merangsang kemampuan pembakaran lemak di dalam tubuh.

Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi berbagai pilihan buah sitrus, termasuk di antaranya jeruk Bali, lemon, jeruk, dan masih banyak lagi.

2. Alpukat
Ilustrasi. Kandungan lemak sehat di dalam alpukat membuatnya jadi salah satu buah pembakar lemak saat tidur. (skeeze/Pixabay)
Sama seperti buah sitrus, alpukat juga jadi salah satu buah pembakar lemak saat tidur.

Mengutip Makeup and Beauty, alpukat merupakan sumber asam lemak omega-3 atau lemak sehat. Kandungan satu ini membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh.

Jadikan alpukat sebagai salah satu menu makan malam Anda untuk membantu meningkatkan proses metabolisme.

3. Semangka
Tak hanya menghilangkan dehidrasi karena kandungan airnya, semangka juga bisa jadi salah satu pilihan buah untuk menurunkan berat badan.

Mengutip India, semangka merupakan buah rendah kalori dengan kandungan air berlimpah. Semangka juga kaya akan asam amino arginin yang membantu membakar lemak di perut.

Tak hanya itu, semangka juga kaya akan potasium yang dapat menjaga fungsi jantung dan otot tetap sehat.

4. Kiwi
Kiwi merupakan salah satu buah yang kaya akan serat. Mengutip Healthline, satu buah kiwi kecil atau sekitar 69 gram memiliki kadar serat lebih dari 2 gram, ditambah serat pada kulit sebesar 1 gram.

Sebagaimana diketahui, diet tinggi serat dari buah dan sayur telah terbukti membantu proses penurunan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang serta menjaga kesehatan usus.

5. Markisa
Sama seperti lainnya, markisa juga mengandung serat dalam jumlah tinggi.

Serat mampu memperlambat pencernaan makanan yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan membantu mengendalikan nafsu makan.

Sebagai buah pembakar lemak saat tidur, konsumsi markisa dalam bentuk utuh. Anda bisa menjadikannya topping dari makanan penutup atau minuman tertentu.

Editor: NUL
Sumber: cnnindonesia