Rinov Rifaldy dan Pitha Haningtyas Mentari menentukan kemenangan Indonesia atas Kanada.

Indonesia menang dramatis 3-2 atas Kanada usai kemenangan yang diraih ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari atas BR Sankeerth/Crystal Lai pada laga kedua fase grup Piala Sudirman 2021 di Energia Areena, Vantaa, Finlandia, Senin (27/9/2021).

Rinov/Pitha memulai pertandingan di partai terakhir fase grup C dengan baik. Rinov/Pitha langsung unggul 5-1 atas Sankeerth/Lai di awal gim pertama.

Keunggulan itu terus dijaga oleh Rinov/Pitha yang menutup interval gim pertama dengan 11-6. Seusai interval, Rinov/Pitha tetap mampu tampil solid dan terus menekan Sankeerth/Lai untuk mendulang poin.

Permainan agresif yang ditunjukkan Rinov/Pitha membuat Sankeerth/Lai mati kutu dan tertinggal makin jauh dengan skor 17-10. Keunggulan poin itu bisa dipertahankan Rinov/Pitha hingga menutup gim pertama dengan 21-14.

Di gim kedua, Sankeerth/Lai coba memberikan perlawanan sengit kepada Rinov/Pitha. Akan tetapi, Rinov/Pitha bisa tetap tampil tenang untuk unggul 8-3.

Rinov/Pitha kemudian bisa menutup interval gim kedua dengan 11-3. Sankeerth/Lai perlahan bisa bangkit setelah interval dengan merebut enam poin tetapi Rinov/Pitha bisa menjaga keunggulan dengan skor 16-9.

Rinov/Pitha tampil semakin percaya diri dengan margin poin yang cukup jauh tersebut. Rinov/Pitha lantas menutup gim kedua dengan skor 21-10.

Kemenangan yang diraih Rinov/Pitha membuat Indonesia menang 3-2 atas Kanada. Indonesia sempat unggul 1-0 melalui ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang menang atas BR Sankeerth/Nyl Yakura, tetapi kekalahan yang dialami Ester Nurumi Tri Wardoyo di tunggal putri membuat skor imbang 1-1.

Indonesia kemudian malah tertinggal 1-2 setelah Jonatan Christie takluk dari Brian Yang lewat permainan tiga gim 21-9, 20-22, 18-21. Namun, Indonesia bisa menyamakan skor jadi 2-2 berkat kemenangan yang diraih Greysia Polii/Apriyani Rahayu atas Rachel Chan/Catherine Choi dengan skor 21-16, 21-10.

Editor: NUL

Sumber: cnnindonesia