Arsenal mengalahkan Tottenham Hotspur 3-1 dalam derbi London Utara pada pekan keenam Liga Inggris di Stadion Emirates, London, Minggu (26/9).
Arsenal yang bermain dengan kekuatan terbaik mereka hanya butuh 12 menit untuk unggul 1-0. Gol yang membuka kemenangan tuan rumah dijaringkan, Emile Smith Rowe.

Pada menit ke-27, Arsenal mampu memperbesar keunggulan jadi 2-0. Kali ini, Smith-Rowe yang bertindak sebagai pengumpan untuk gol yang dicetak Pierre-Emerick Aubameyang.

Umpan terukur Smith-Rowe dari dalam kotak penalti mampu dimaksimalkan Aubameyang lewat tembakan kaki kiri yang bersarang ke gawang Tottenham.

Sukacita para pendukung Arsenal semakin berlipat karena anak asuh Mikel Arteta mampu memperbesar skor jadi 3-0 hanya tujuh menit berselang. Gol ketiga tuan rumah dijaringkan Saka lewat tembakan mendatar di dalam kotak penalti.

Di babak kedua, pertandingan Arsenal vs Tottenham berjalan lebih seimbang. Arsenal tidak lagi leluasa melancarkan tekanan karena Tottenham bermain lebih agresif.

Tottenham bahkan mendapatkan dua peluang untuk memperkecil kedudukan melalui Harry Kane. Peluang pertama Kane mampu diblok pemain belakang Arsenal dan peluang berikutnya masih bisa diamankan kiper tuan rumah, Aaron Ramsdale.

Arsenal coba merespons tekanan yang dilancarkan Tottenham. Peluang didapat Aubameyang tetapi tembakan yang ia arahkan ke pojok kanan gawang belum berhasil menggetarkan gawang Hugo Lloris.

Upaya Tottenham memperkecil kedudukan baru berbuah hasil pada menit ke-79. Gol Tottenham yang membuat skor jadi 1-3 dicetak Son Heung-min usai menerima umpan mendatar Sergio Reguilon.

Di masa injury time babak kedua, Tottenham nyaris mencetak gol kedua di laga ini. Lucas Moura melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang bisa ditepis Ramsdale dan kemudian membentur mistar gawang.

Setelah peluang itu Tottenham tak mampu lagi mencetak gol tambahan. Skor 3-1 untuk kemenangan Arsenal bertahan hingga babak kedua berakhir.

Susunan pemain
Arsenal (4-2-3-1): Aaron Ramsdale; Takehiro Tomiyasu, Ben White, Gabriel, Kieran Tierney; Thomas Partey, Granit Xhaka; Bukayo Saka, Martin Odegaard, Emile Smith-Rowe; Pierre-Emerick Aubameyang

Tottenham Hotspur (4-3-3): Hugo Lloris; Japhet Tanganga, Davinson Sanchez, Eric Dier, Sergio Reguilon; Dele Alli, Pierre-Emile Hojbjerg, Tanguy Ndombele; Lucas Moura, Harry Kane, Son Heung-min

 

 

editor : will
sumber : detik