Ilustrasi bandara. (Istockphoto/dmitriymoroz)

Bandara Internasional Hang Nadim, Senin (27/9/2021) melayani 52 penerbangan untuk 9 rute dari dan ke berbagai wilayah Indonesia.

General Manager Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim, Bambang menuturkan adapun 52 penerbangan yang dimaksud, berdasarkan jadwal penerbangan melalui Hang Nadim dan juga maskapai yang datang dari berbagai daerah tujuan.

“52 penerbangan itu total yang berangkat dan yang datang hari ini,” terangnya melalui aplikasi pesan singkat, Senin (27/9/2021).

Bambang juga menegaskan, saat ini bagi calon penumpang yang akan bepergian menggunakan pesawat, diminta untuk menyiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan selama pandemi Covid-19.

Apalagi, saat penerapan PPKM Level 3 setiap calon penumpang tentu harus memastikan terlebih dahulu persyaratan dokumen keberangkatan sesuai ketentuan.

Adapun dokumen tersebut ialah surat keterangan vaksin minimal 1 kali, surat keterangan Swab PCR dan mengisi data di aplikasi PeduliLindungi.

“Untuk keberangkatan hari ini, kita layani 9 rute penerbangan yakni ke Jakarta, Palembang, Surabaya, Medan, Pekanbaru, Natuna, Anambas, dan Pontianak,” lanjutnya.

Sementara itu, berdasarkan Data Arus Lalu Lintas Angkutan Udara (ALLAU) Hang Nadim Batam pada, Minggu (26/9/2021) diketahui total arus penumpang yang datang berjumlah 2.701 orang.

Kemudian arus penumpang berangkat berjumlah 3.416 orang, dengan keberangkatan maskapai penerbangan berjumlah 26 maskapai, dan total kedatangan maskapai berjumlah 26 maskapai.

Kembali membahas mengenai syarat keberangkatan, Bambang menuturkan bahwa para calon penumpang sebelumnya harus melakukan test PCR dan Antigen, di fasilitas kesehatan (faskes) yang disarankan sebelumnya.

Hal ini dikarenakan, bahwa saat ini pihak Bandara Hang Nadim Batam masih belum mengaktifkan kembali pos Antigen yang sebelumnya pernah tersedia.

“Disarankan sebelum ke Bandara dan saat melakukan pembelian tiket langsung melakukan Antigen atau PCR di faskes yang disarankan. Di Bandara saat ini belum tersedia lagi posko test Antigen,” terangnya.

Editor: WIL