Brentford dan Liverpool bermain imbang di Liga Inggris. (Getty Images/Clive Rose)

Liverpool gagal meraih kemenangan di pekan keenam Liga Inggris. Bertandang ke markas tim promosi Brentford, The Reds ditahan imbang 3-3.

Bermain di Brentford Community Stadium, Sabtu (25/9/2021), kedua tim saling berbalas mencetak gol, membuat laga berakhir tanpa pemenang. Liverpool berhasil mencetak gol lewat Diogo Jota (31′), Mohamed Salah (54′), dan Curtis Jones (67′).

Namun Brentford mampu membalasnya lewat gol-gol dari Ethan Pinnock (27′), Vitaly Janelt (63′), dan Yoane Wissa (82′). Meski begitu, hasil ini tetap mengantarkan Liverpool memuncaki klasemen sementara Liga Inggris dengan 14 poin dan belum terkalahkan.

Sementara itu, tambahan satu poin membuat Brentford menempati posisi sembilan dengan 9 poin.

Jalannya pertandingan

Liverpool hampir unggul lebih dulu di menit ke-7. Mohamed Salah bebas tak terkawal usai menerima umpan terobosan Diogo Jota.

Penyerang Mesir itu berhasil melepaskan tembakan yang berhasil melewati kiper David Raya, tetapi saat bola sedikit lagi melewati garis gawang, Kristoffer Vassbakk Ajer melakukan sliding untuk menyapu bola dari gawangnya.

Menit ke-11, hal serupa terjadi lagi, namun di depan gawang Liverpool. Sontekan Bryan Mbeumo sudah gagal dihalau kiper Alisson Becker, namun sebelum bola masuk ke gawang, Joel Matip hadir dan membuang bola.

Liverpool baru mendapat peluang lagi di menit ke-24. Lewat tendangan sudut, Virgil van Dijk berhasil menyundul bola, namun arahnya tak tepat sasaran. Menit ke-27, justru Brentford yang berhasil mencetak gol.

Crossing Sergi Canos berhasil mengarah kepada Ivan Toney yang langsung melakukan backheel pass kepada Ethan Pinnock. Nama terakhir kemudian berhasil menendang bola masuk ke gawang yang sudah tak terkawal Alisson.

Namun keunggulan itu hanya bertahan empat menit saja. Menit ke-31, crossing Jordan Henderson berhasil disambut Jota di kotak penalti dengan sundulan yang gagal diselamatkan Raya. Skor menjadi imbang 1-1.

Liverpool hampir saja berbalik unggul di menit ke-39. Sepakan Curtis Jones dari luar kotak penalti malah membentur tiang. Bola liar berhasil dikuasai Jota di depan gawang Brentford, namun tembakannya berhasil diblok Raya.

Jelang akhir babak pertama, Liverpool mendapat peluang lewat tendangan bebas usai Frank Onyeka melanggar Andy Robertson di depan kotak penalti. Namun eksekusi dari Trent Alexander-Arnold melambung di atas gawang Brentford. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Liverpool berhasil berbalik unggul di menit ke-54. Salah yang menerima umpan lambung dari Fabinho menuntaskannya dengan tembakan jarak dekat yang gagal diselamatkan Raya. Wasit sempat mengecek Video Assistant Referee (VAR) lebih dulu sebelum mensahkan gol tersebut.

Brentford berusaha mengejar ketertinggalan, dan akhirnya membuahkan hasil di menit ke-63. Sepakan Pontus Jansson dalam situasi kemelut di depan gawang Liverpool masih membentur tiang gawang, namun bola liar berhasil disambar Janelt dengan sundulan yang berhasil masuk ke gawang Liverpool. Skor kembali sama kuat, 2-2.

Liverpool kembali merebut keunggulan lima menit usai gol kedua Brentford. Curtis Jones melepaskan tembakan dari jarak jauh untuk menaklukkan Raya. Sepakannya sempat membentur Ajer sebelum akhirnya bersarang di gawang Brenftord.

Namun bukan Brentford namanya kalo menyerah begitu saja. Pada menit ke-82, mereka kembali menyamakan kedudukan. Menerima crossing Shandon Baptiste, Yoane Wissa berhasil mengelabui Alisson dengan sepakan lob dari sudut kiri, mengubah skor menjadi 3-3 yang bertahan hingga usai.

Editor: NUL

Sumber: detikbola