Jenis pekerjaan bergaji tinggi. F.Instagram

Bagi para fresh graduate, memilih pekerjaan pertama tentunya sangatlah penting. Banyak hal yang menjadi pertimbangan, seperti perusahaan, deskripsi pekerjaan, hingga upah yang diharapkan.

Untuk para lulusan baru ini, bukan berarti tak bisa mendapatkan gaji yang tinggi. Pada profesi tertentu, upah pokok serta tunjangan yang ditawarkan bisa jauh lebih tinggi dari upah minimum regional (UMR). Mengutip dari CNN Indonesia, ini dia profesi dengan upah tinggi untuk para fresh graduate.

6 pekerjaan bergaji tinggi untuk yang baru lulus

 

1. Ahli teknologi informasi

Dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, tentunya tidak heran jika banyak perusahaan yang mencari ahli di bidang teknologi. Gaji untuk seorang ahli teknologi dan informasi berkisar mulai dari Rp 15 juta hingga Rp 35 juta tiap bulannya.

Nominal di atas berlaku untuk posisi sebagai software engineer atau kepala proyek TI. Jumlahnya juga masih bisa mengalami peningkatan hingga lebih dari Rp 200-an juta apabila pada akhirnya diangkat sebagai manajer TI.

2. Pemasaran

Pekerjaan bergaji tinggi bagi fresh graduate selanjutnya adalah sektor pemasaran. Tentu saja posisi di bidang pemasaran sangatlah esensial dalam perusahaan manapun.

Karenanya, seorang ahli pemasaran pemula bisa mendapat gaji hingga Rp 10 juta per bulan.

3. Teknisi migas

Teknisi migas tetap dibutuhkan meskipun perubahan energi menjadi terbarukan juga tak dapat dihindari. Profesi ini merupakan salah satu dengan gaji terbaik di dunia.

Bagi pemula, gaji teknisi migas dapat mencapai Rp 8-15 juta per bulan. Apabila perusahaan berstatus internasional, maka gaji yang didapat bisa lebih dari Rp 15 juta. Untuk posisi teknisi senior, gaji tiap bulannya capai Rp 30-50 juta.

4. Pakar konstruksi

Dalam beberapa tahun terakhir, pekerjaan sektor konstruksi dan pembangunan infrastruktur menjadi salah satu fokus utama di Indonesia. Hal ini diperkirakan masih akan berlanjut seiring prioritas pemerintah mengenai pembangunan di seluruh Indonesia.

Seorang fresh graduate yang menjabat pakar konstruksi bisa mendapatkan gaji hingga Rp 20 juta untuk posisi manajer proyek.

5. Konten kreator

Saat ini, semakin banyak konten kreator yang dibutuhkan oleh perusahaan, baik sebagai karyawan tetap maupun lepas. Untuk profesi ini, diperlukan kreatifitas dalam membuat karya yang menarik dan dapat dijual.

Seorang konten kreator yang sukses bisa mendapat penghasilan hingga Rp 200-an juta.

6. Ahli tambang

Dengan kemampuan yang dibutuhkan serta risiko yang dihadapi, seorang pemula ahli tambang bisa memiliki pendapatan Rp 6-8 juta tiap bulan. Bila karir terus naik hingga tingkat menengah serta senior, gaji yang diperoleh per bulannya bisa menjadi Rp 30 juta per bulannya.

Deretan pekerjaan dengan gaji tinggi ini bisa dicoba oleh detikers yang punya latar belakang pendidikan relevan. Mana yang ingin kalian coba?

Editor: NUL

Sumber: detiklifestyle