Mendukung kesehatan alat reproduksi dimulai dari diet kaya nutrisi seimbang. (WDnet/Pixabay)

Di balik tubuh yang sehat, tidak hanya terdapat jiwa yang kuat tapi juga kemampuan reproduksi yang baik. Mendukung kesehatan alat reproduksi bisa dimulai dari diet kaya nutrisi seimbang.

Pada pria, bicara soal penis tidak hanya menyoal kemampuan ereksi. Ini juga soal ketahanannya, kualitas serta kuantitas sperma juga gairah seks.

Berikut daftar makanan yang perlu masuk dalam diet harian untuk mendukung kesehatan penis.

1. Bayam

Tokoh animasi Popeye harus mengonsumsi bayam untuk bisa lebih kuat. Seperti Popeye, Anda pun bisa lebih kuat dengan konsumsi bayam. Mengapa?

Sebagaimana dilansir Healthline, bayam banyak mengandung asam folat yang dikenal sebagai penguat aliran darah. Komponen ini juga memainkan peran penting dalam fungsi seksual pria.

Dalam 185 gram bayam mampu memenuhi 77 persen kebutuhan folat harian. Di samping itu ada kandungan magnesium yang merangsang aliran darah dan meningkatkan kadar testosteron.

2. Kerang

Kerang memiliki reputasi sebagai makanan afrodisiak. Namun Paul Turek, ahli urologi-kesuburan di California, berkata belum cukup bukti apa kerang memang mempengaruhi gairah seks.

Hanya saja, kandungan zinc pada kerang bisa mendukung ereksi. “Zinc juga diperlukan untuk pembentukan testosteron, jadi itu juga mendukung libido dan produksi sperma,” jelas Turek, seperti dikutip Health.

Kerang memang mengandung zinc dalam jumlah cukup tinggi jika dibandingkan pangan lain. Namun masih ada pilihan pangan kaya zinc lain sebagai alternatif seperti lobster, kepiting, biji labu.

3. Wortel

Wortel sangat disarankan untuk meningkatkan jumlah sperma. Untuk pengobatan tradisional, wortel direkomendasikan untuk mengatasi infertilitas.

Salah satu komponen penting pada wortel adalah karotenoid alias antioksidan dengan pigmen oranye. Karotenoid membantu meningkatkan jumlah sperma juga motilitas atau pergerakan sperma.

Mendukung kesehatan alat reproduksi dimulai dari diet kaya nutrisi seimbang. (WDnet/Pixabay)

4. Tomat

Jika wortel memiliki kandungan karotenoid, maka tomat punya likopen. Antioksidan ini memberikan warna merah pada tomat sekaligus berguna untuk melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel.

“Diperkirakan bahwa oksidan mendasari banyak infertilitas pria dan kanker prostat, dan kita tahu bahwa antioksidan baik untuk pembuluh darah di jantung dan penis. tetapi mekanisme kerjanya yang tepat belum terdefinisikan dengan baik,” jelas Turek.

5. Cabai

Suka makanan pedas? Ternyata makanan pedas dengan cabai membawa manfaat buat kesehatan penis khususnya meningkatkan kadar testosteron.

Kandungan capsaicin pada cabai akan menstimulasi pusat kesenangan pada otak yang meningkatkan mood dan punya potensi efek afrodisiak.

Di samping itu, makanan pedas membawa efek vasodilatasi sehingga pembuluh darah lebih lebar dan aliran darah lebih lancar. Ereksi memerlukan pasokan darah berlimpah dan efek vasodilatasi dari makanan pedas bisa membantu urusan ini. Selain cabai, Anda juga bisa menambahkan lada, jalapeno atau makanan lain yang menimbulkan rasa pedas.

6. Apel

Mulai sekarang, sebaiknya mengonsumsi apel sekaligus dengan kulitnya. Dalam sebuah riset, senyawa aktif asam ursolat pada kulit apel mencegah pertumbuhan sel kanker prostat. Namun masih diperlukan penelitian lanjutan untuk memahami efek ini.

Kendati demikian, riset lain menunjukkan konsumsi lebih banyak buah dan sayur memang terbukti memberikan peluang lebih baik untuk melawan kanker prostat.

7. Oatmeal

Mungkin menu makanan satu ini tidak masuk dalam daftar jika bicara soal kesehatan seksual. Padahal oatmeal termasuk salah satu jenis makanan afrodisiak. Konsumsi oatmeal mampu meningkatkan aliran darah ke penis.

Kemudian kandungan asam amino L-arginine bisa membantu mengatasi disfungsi ereksi dan mendorong produksi testosteron. L-arginine akan membantu pembuluh darah pada penis lebih rileks, sehingga aliran darah lebih lancar.

Editor: NUL

Sumber: cnnindonesia