Gubernur Kepri, Ansar Ahmad (kanan) melakukan peletakan batu pertama pembagunan gudang industri kapal hoverwing di Pulau Dompak, Tanjungpinang.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad melakukan acara groundbreaking pembangunan gudang industri kapal Hoverwing (WIG) oleh PT Bintan Bahari Industri (BBI) di Dompak Seberang, Kota Tanjungpinang, Kamis (23/9/2021).

“Saya bersama walikota dan seluruh masyarakat sungguh berbahagia dengan dibangunnya galangan pembuatan kapal Hoverwing di Kota Tanjungpinang ini. Semoga berdampak baik dalam dunia perekonomian di sini,” ujar Ansar dalam keterangannya, Kamis (23/9/2021).

Gubernur menceritakan bagaimana saat pertemuannya bersama Pimpinan Perusahaan PT BBI, yakni diawali pada bulan Syawal dan yang membicarakan soal investasi perakitan Hoverwing.

“Pak Sunardi ini orangnya biasa-biasa saja, tetapi beliau seseorang yang berpengalaman sejak tahun 1998 sampai dengan 2016 di Jerman dengan menekuni perakitan Hoverwing ini,” ujarnya.

Sebelum akhirnya memutuskan membangun perakitan di Kota Tanjungpinang, Sunardi telah ditawarkan membangun di berbagai wilayah di Indonesia dan beberapa negara lainnya.

Perakitan perkapalan Hoverwing sendiri diawali dengan pembangunan gudang. Dan pembangunan ini dinilai sangat cocok dengan wilayah-wilayah di Kepri, sebagai salah satu alat transportasi dalam upaya merangkai pulau di Kepri.

Kapal Hoverwing akan dirakit dengan spesifikasi panjang 7 sampai 9 meter dan kapasitas penumpang bervariasi ada 4 orang, 20 orang sampai maksimumnya 200 orang penumpang dengan kecepatan rata-rata 250 KM/jam yang hampir sama laju dengan pesawat ATR.

“Perakitan ini pertama kali di Asia-Pasifik, dan galangan ini nanti akan ditambah lahan mencapai 30 hektar untuk perkembangan ke depannya,” lanjut Ansar.

Produk Perdana

Sementara itu, Pimpinan Perusahaan PT Bintan Bahari Industri Sunardi mengatakan perseroan akan memproduksi sendiri kapal Hoverwing di Tanjungpinang dan ini adalah produksi perdana yang dikerjakan di Indonesia

“Pada tahun depan sesuai dengan rencana, kami akan memproduksi perdana kapal Hoverwing,” kata Sunardi.

Sunardi berharap dengan hadirnya PT BBI ini menghadirkan lapangan pekerjaan bagi putra-putri Kepulauan Riau.

“Intinya tujuan akhir kita adalah meningkatkan perekonomian masyarakat Kepri,” harapnya. ***

Editor: PARNA