katarak adalah kondisi mata yang terjadi saat lensa mata keruh dan berawan. Kenali tanda dan gejala katarak agar bisa mendapatkan perawatan sedini mungkin.
Katarak umumnya terjadi saat memasuki usia tua. Gejala katarak berkembang perlahan seiring berjalannya waktu. Katarak dapat terjadi pada satu atau kedua mata.

Dikutip dari CDC, kebanyakan katarak terjadi karena perubahan normal yang disebabkan oleh pertambahan usia. Beberapa katarak bisa disebabkan oleh cedera mata.

Pada tahap awal, katarak biasanya tidak menyakitkan dan tidak membuat mata merah atau iritasi. Namun, jika sudah semakin parah, katarak dapat menyakitkan terutama jika disertai dengan kondisi lain.

Berikut gejala katarak:
Penglihatan Anda keruh atau kabur
Warna terlihat pudar
Tidak dapat melihat dengan baik di malam hari
Lampu, sinar matahari, atau lampu depan tampak terlalu terang
Melihat lingkaran cahaya di sekitar lampu
Pandangan berbayang (terkadang hilang saat katarak semakin besar)
Sering mengganti resep kacamata Anda

“Jika Anda memakai kacamata, Anda mungkin merasa lensa kacamata kotor dan perlu dibersihkan, meskipun sebenarnya tidak,” tulis NHS.

Gejala dapat diobati dengan operasi katarak atau tindakan bedah. Dokter akan mengangkat lensa yang keruh dan menggantinya dengan lensa buatan yang baru. Operasi katarak ini merupakan operasi yang aman.

Itulah tanda dan gejala katarak yang perlu diwaspadai.

EDITOR : WILL
SUMBER : CNN