Perut buncit dan kendur selain mengganggu penampilan, tapi juga tak baik untuk kesehatan.
Lemak perut atau disebut sebagai lemak visceral merupakan faktor risiko utama penyebab diabetes tipe 2, sakit jantung, gangguan metabolik, dan penyakit serius lainnya, merujuk Healthline.

Untuk mengatasinya, ada cara mengecilkan perut buncit dengan melakukan gerakan olahraga yang memusatkan pada bagian perut.

Gerakan olahraga untuk mengecilkan perut buncit ini dapat mengurangi lemak perut dengan lebih cepat.

Keuntungan lainnya, gerakan olahraga berikut tak memerlukan peralatan khusus dan dapat dipraktikkan sendiri di rumah.

1. Burpees
Burpees diklaim dapat mempercepat pembakaran lemak perut daripada gerakan olahraga lainnya jika dilakukan secara teratur.

Selain membakar lemak, gerakan burpees membantu membangun otot yang kuat dan meningkatkan metabolisme sepanjang hari.

Berdasarkan penelitian American College of Sports Medicine dalam Men’s Health, melakukan gerakan burpees 10 repetisi sama efektifnya dalam meningkatkan metabolisme seperti lari cepat selama 30 detik.

2. Plank
Plank efektif mengecilkan perut buncit lantaran melibatkan banyak otot sekaligus membakar lemak di area perut.

Rutin melakukan plank juga bermanfaat memperbaiki postur tubuh, mengurangi sakit punggung, membuat badan lebih lentur, serta perut jadi lebih kencang.

Terdapat sejumlah variasi gerakan plank yang dapat ditiru, antara lain plank leg lift, side plank, arm plank, dan sebagainya, merujuk Shape.

3. Russian twist
Gerakan olahraga untuk mengecilkan perut buncit selanjutnya adalah Russian twist. Merujuk Healthline, gerakan ini juga bermanfaat memperbaiki postur mulai dari bahu hingga punggung bawah.

Kendati gerakannya tampak sederhana, namun Russian twist dapat membuat otot yang terlibat berkontraksi dan membuat perut lebih kencang.

Untuk pemula, disarankan tidak langsung mencoba gerakan ini dengan memegang beban berat seperti dumbel agar terhindar dari keseleo dan nyeri.

4. Mountain climbers
Mountain climbers merupakan gerakan olahraga yang sempurna untuk mengecilkan perut buncit dan membuatnya rata, terutama perut bagian bawah.

Mountain climbers merupakan salah satu gerakan dalam latihan HIIT yang efeknya sama seperti latihan kardio serta melatih otot paha dan bokong pada saat bersamaan.

Gerakan ini pun minim risiko cedera sendi dan lutut. Jika Anda pemula, mulai 10-15 kali gerakan mountain climbers tanpa henti, lalu tingkatkan jumlahnya secara bertahap.

5. Lying leg raises
Gerakan mengangkat kaki ini dapat melatih otot paha serta perut depan dan samping sehingga membuatnya lebih kencang.

Selain itu, gerakan lying leg raises ini membantu meringankan nyeri punggung bawah karena memusatkan kekuatan inti tubuh Anda.

Mulailah dengan berbaring, sedangkan tangan lurus sejajar dengan tubuh. Kemudian angkat kaki hingga tubuh membentuk sudut 90 derajat.

Pastikan lutut tidak ditekuk dan kaki tegak lurus ke atas. Lakukan 3-4 set masing-masing 15-20 repetisi.

6. Sit up
Sit up merupakan jenis latihan olahraga dasar yang berfokus pada perut dan melibatkan lebih banyak otot di bagian inti.

Manfaat lainnya yang didapatkan dari sit up adalah meningkatnya kesehatan pernapasan perut.

Sit up dapat dilakukan di mana saja meski tak banyak ruang tersedia. Sit up tidak membutuhkan alat tambahan kecuali bagi kamu yang biasa menggunakan matras untuk alat berolahraga.

7. Crunches
Crunches merupakan latihan yang memusatkan area inti dan perut. Posisi tubuh mirip seperti postur sit up.

Akan tetapi, berbeda dengan sit-up yang mengharuskan dada maju mendekati lutut, crunches hanya membuat tubuh sedikit terangkat dari lantai.

Untuk bisa mendapatkan hasil perut yang lebih rata, tentu perlu rutin melakukan crunches. Setidaknya lakukan 3 set dengan masing-masing 10-12 repetisi.

Gerakan olahraga yang dapat mengecilkan perut buncit di atas tentu akan sempurna jika dibarengi dengan pola makan yang lebih sehat serta mengurangi makanan manis dan berlemak.

editor : will
sumber : CNN