Lemak membandel memang bikin kesal. Berat badan jadi naik gara-gara lemak yang menumpuk di tubuh. Coba lunturkan dengan minuman alami yang harganya murah.

Tubuh secara alami memang membutuhkan lemak namun ketika jumlahnya berlebihan maka lemak ini akan menumpuk. Alhasil beberapa bagian tubuh jadi tampak gemuk dan tidak proporsional.

Tumpukan lemak pada perut, paha dan lengan juga membuat tidak nyaman. Terlebih, lemak ini menjadikan berat badan berlebih. Makin bahaya lagi kalau lemak berlebih ini mengganggu saluran peredaran darah dan berpose menyebabkan stroke hingga serangan jantung.

Menjaga pola makan menjadi kunci utama untuk mengurangi tumpukan lemak dalam tubuh. Namun kamu juga bisa mengonsumsi minuman herbal yang sehat dan ampuh untuk melunturkan lemak.

Tak perlu khawatir soal harga, beberapa minuman ini punya harga murah dan biasa dikonsumsi sebagai minuman harian. Sebut saja misalnya kopi, teh hingga air lemon yang ternyata bisa melunturkan lemak secara alami.

Berikut 7 minuman alami yang ampuh melunturkan lemak dalam tubuh:

1. Kopi
Salah satu manfaat kopi adalah menjaga berat badan. Kandungan kafein dalam kopi secara alami membantu melancarkan metabolisme. Tak heran kalau kopi kerap dipilih jadi minuman oleh para pelaku diet.

“Karena kopi mengandung kafein, konsumsinya mempercepat metabolisme yang memungkinkan kamu membakar lebih banyak lemak,” kata Dr. Nikola Djordjevic.

Meskipun demikian, tidak semua varian kopi bisa memberi manfaat untuk melunturkan lemak. Pastikan kamu meminum kopi hitam saja, tanpa tambahan gula atau pemanis lainnya. Hindari juga menambahkan krimer, gula karamel atau susu pada kopi.

2. Teh hitam
Konsumsi teh hitam juga bisa diandalkan untuk menyingkirkan lemak membandel di perut. Apalagi teh hitam juga termasuk minuman populer di Indonesia dan biasa dikonsumsi setiap hari.

Dr. Djordjevic mengatakan, “Teh hitam mengandung flavonoid dan kafein yang menyehatkan metabolisme dan pencernaan.” Minuman ini bisa jadi alternatif untuk kamu yang sensitif pada kafein di kopi.

Tentu saja konsumsi teh hitam ini harus dilakukan secara konsisten karena tidak mungkin lemak langsung luntur hanya dengan satu cangkir teh. Minumlah teh hangat tanpa tambahan gula.

3. Teh hijau
Teh hijau tinggi kandungan antioksidan yang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan. Dari mencegah sakit, mengurangi inflamasi atau peradangan tubuh, dan bahkan mengurangi lemak dalam tubuh.

Ahli gizi Trista Best menyebutkan, “Teh hijau bekerja dalam tubuh dengan cara mencegah dan mengurangi kerusakan sel akibat racun dan radikal bebas, yang bisa menyebabkan penambahan berat badan dan kesulitan penurunannya.”

4. Teh jahe
Penggemar teh juga bisa meracik minuman pembakar lemak. Cara membuatnya mudah, kamu hanya perlu menyiapkan secangkir teh hangat dan beberapa irisan jahe segar.

Tak hanya bisa meredakan gejala masuk angin, teh jahe juga bermanfaat untuk pelaku diet. “Teh jahe bantu kurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran kalori, yang sempurna untuk mendorong energi sebelum berolahraga, “kata Dr. Djordjevic.

5. Air lemon
Di balik rasa asamnya, air lemon bermanfaat untuk menyingkirkan lemak membandel. Air lemon populer dijadikan infused water. Tambahkan beberapa irisan jeruk lemon segar pada sebotol air lalu jadikan minuman harian.

“Air lemon berkhasiat mengurangi lemak karena kaya vitamin C dan antioksidan, yang membantu mempercepat sistem pencernaan,” kata Dr. Djordjevic.

6. Cuka apel
Cuka apel populer sebagai minuman yang menyehatkan. Minuman asam ini juga tergolong minuman pembakar lemak karena mengandung asam asetat.

“Kandungan asam asetat menurunkan kadar insulin, meningkatkan metabolisme, dan menekan nafsu makan sekaligus,” ungkap Dr. Djordjevic. Selain diminum langsung, cuka apel juga bisa kamu jadikan dressing salad.

7. Jus sayuran segar
Minuman pembakar lemak selanjutnya adalah jus sayur mentah. Dr. Djordjevic menjelaskan minuman ini rendah karbohidrat dan tinggi serat.

Nutrisi di dalam jus sayur mentah membuat rasa lapar kamu berkurang dan mencegah makan berlebih. Beberapa jenis sayuran yang bisa dibuat jus antara lain sawi, wortel, seledri hingga mentimun. Untuk rasa yang lebih nikmat, kamu bisa juga mencampur dengan beberapa buah.

 

editor : will

sumberĀ  : detik