Journaling tak hanya sekadar menulis catatan harian. Lebih dari itu, journaling mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan mental.
Journaling adalah kegiatan menuangkan pikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan maupun gambar. Apa saja bisa diungkapkan lewat journaling. Selain di kertas, journaling saat ini juga bisa dilakukan di komputer.

Studi menunjukkan rutin journaling dapat meningkatkan kesehatan mental. Journaling juga banyak digunakan sebagai metode terapi psikologis.

Berikut manfaat journaling untuk kesehatan mental:

1. Mengurangi kecemasan
Journaling membantu seseorang mengungkapkan perasaan yang dimilikinya. Mengungkapkan perasaan sama dengan membebaskan tekanan yang dirasakan. Kecemasan pun ikut berkurang.

Studi menunjukkan journaling 3 kali seminggu selama 12 pekan dapat meningkatkan rasa bahagia dan mengurangi gejala depresi pada orang dengan kecemasan.

2. Mengurangi overthinking
Overthinking atau berpikir berlebihan dapat membuat stres dan sulit fokus. Menulis jurnal secara rutin dapat membantu melepaskan diri dari siklus pemekiran yang obsesif.

3. Membantu memahami masalah
Coba uraikan masalah Anda dalam catatan harian. Cara ini dapat membuat Anda lebih mudah memahami masalah dan menyelesaikan masalah tersebut. Beban pun perlahan berkurang dan stres pun mereda.

4. Mengatur emosi
Studi pemindaian otak pada orang yang rutin menuliskan perasaan dan catatan harian menunjukkan mereka mampu mengendalikan emosi lebih baik.

Menulis perasaan juga dapat membuat emosi menjadi lebih tenang.

5. Mendorong keterbukaan
Journaling dapat membuat seseorang menjadi lebih terbuka. Keterbukaan merupakan sikap penting yang dapat membantu proses penyembuhan emosional.

6. Mempercepat penyembuhan fisik
Manfaat journaling juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik. Studi di Selandia Baru menunjukkan orang yang menulis selama 20 menit tentang perasaan mereka bisa sembuh lebih cepat setelah biopsi.

Orang yang menulis juga cenderung jarang sakit dibandingkan dengan yang tidak.

7. Membantu mengenal diri sendiri
Journaling juga membantu Anda mengenal diri sendiri. Anda bisa mengetahui hal-hal yang bisa membuat Anda bahagia atau sebaliknya. Journaling juga bisa dilakukan sebagai me time.

Itulah manfaat journaling untuk kesehatan mental.

editor : will
sumber : cnn