Vaksin Covid-19 memiliki sejumlah efek samping ringan yang dapat hilang dalam beberapa hari. Namun, Anda bisa mengurangi efek samping vaksin dengan mengonsumsi sejumlah makanan.

Makanan untuk kurangi efek samping vaksin ini merupakan makanan yang kaya nutrisi sehingga dapat meningkatkan sistem imun tubuh saat menerima vaksin.

“Makan makanan yang bergizi seimbang: untuk menghindari efek samping yang serius, diet seimbang sangat penting,” tulis UNICEF, di situs resmi mereka.

Berdasarkan data CDC, efek samping vaksin Covid-19 yang paling sering ditemukan adalah nyeri di lengan, pembengkakan ringan, kemerahan di tempat suntikan kelelahan, demam ringan, sakit kepala, kedinginan, hingga mual. Umumnya efek samping in hilang dengan sendirinya dalam 24 jam hingga dua hari.

Berikut makanan untuk kurangi efek samping vaksin Covid-19.

1. Sayuran hijau
Sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi sayuran hijau dapat meningkatkan respons tubuh iritasi.

Beberapa sayuran hijau yang kaya nutrisi di antaranya adalah bayam, brokoli, dan sawi.

2. Kunyit
Kunyit kaya akan curcumin yakni antioksidan dan anti-inflamasi yang baik untuk daya tahan tubuh. Kunyit juga dikenal sebagai makanan anti-stres. Pasalnya, kunyit dapat melindungi otak dari situasi stres, termasuk sebelum dan setelah vaksinasi.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kunyit dapat diolah menjadi teh atau jamu dan dikonsumsi sebelum dan setelah vaksin.

3. Jahe
Jahe mengandung antioksidan yang dapat membantu meredakan peradangan. Jahe juga bisa mengurangi stres saat vaksinasi.

Kandungan gingerol dalam jahe membantu tubuh meredakan nyeri, menghilangkan mual, dan meredakan sakit otot. Gejala-gejala ini umum dijumpai setelah vaksin Covid-19.

4. Bawang putih
Bawang putih juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Bawang putih dapat memberi makan mikroorganisme. Mikroorganisme ini memiliki peran penting dalam sistem imun.

Masukkan bawang putih dalam makanan Anda untuk mendapatkan manfaatnya.

“Makanan super seperti sayuran hijau, kunyit, dan bawang putih, yang kaya nutrisi dan meningkatkan kekebalan, harus disertakan dalam diet Anda,” tulis UNICEF.

5. Buah-buahan
Buah-buahan kaya akan vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan infeksi serta peradangan.

“Buah musiman yang kaya akan Vitamin C juga dapat membantu mengurangi efek samping vaksin,” kata UNICEF.

Selain makanan untuk kurangi efek samping vaksin, konsumsi pula air putih untuk membuat tubuh terhidrasi dengan baik.

“Secara umum, istirahat yang cukup dan tetap terhidrasi satu hingga dua hari setelah vaksin dapat membantu,” kata ahli penyakit infeksi di Baylor College of Medicine, Prathit Kulkarni, dikutip dari Eating Well.

editor : will
sumber : CNN