F. iStock

Membuat salad tidak hanya sekadar mencampurkan berbagai jenis sayur-sayuran saja. Begini cara membuat salad yang benar untuk diet.

Salad merupakan makanan sehat karena terbuat dari sayur-sayuran atau buah-buahan. Biasanya salad juga dilengkapi dengan aneka saus, sehingga membuat sayuran lebih enak rasanya.

Ada banyak nutrisi sehat yang didapatkan dari mengonsumsi salad. Terutama karena semau bahannya segar, tidak dimasak.Mulai dari serat, vitamin dan juga mineral. Itulah mengapa salad cocok untuk membantu menurunkan berat badan.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui saat membuat salad. Sebab membuat salad tidak hanya sekadar mencampurkan sayur-sayuran saja, tetapi harus diperhatikan jenis, nutrisi dan sausnya.

Berikut 5 cara membuat salad untuk diet menurunkan berat badan:

 

1. Pilihlah Sayuran Hijau

5 Cara Membuat Salad untuk Diet Menurunkan Berat Badan5 Cara Membuat Salad untuk Diet Menurunkan Berat Badan Foto: iStock

Sayuran hijau adalah bahan utama yang penting dalam membuat salad. Itu karena sayuran hijau mengandung banyak nutrisi sehat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kamu bisa memilih sayuran hijau yang mudah ditemui di pasaran. Seperti kale, selada, bayam, brokoli, beragam jenis lettuce. Dari sekian banyak sayuran hijau selada yang paling sering dipakai.

Selada memiliki banyak vitamin yang terkandung di dalamnya. Mulai dari vitamin A, vitamin C dan vitamin K. Selain itu, selada juga kaya akan zat besi, kalium, kalsium, folat, dan serat.

2. Kombinasi Warna Sayuran

Tak melulu hijau, salad juga bisa dibuat dengan mengombinasikan sayuran dengan warna lain. Salad dengan kombinasi warna yang menarik bisa meningkatkan selera makan. Selain itu warna-warni juga menunjukkan kandungan nutrisinya.

Kamu bisa memilih sayuran dengan warna merah, kuning, ungu dan lainnya. Jenis sayuran yang digunakan juga bisa dipilih yang mudah ditemui di penjual sayur.

Misalnya tomat ceri, paprika kuning, paprika merah, wortel, kol ungu, bawangbombay ungu dan lainnya. Selain lebih menarik, nutrisi dari berbagai sayuran itu juga lebih lengkap didapat.

3. Tambahkan Lemak Sehat

5 Cara Membuat Salad untuk Diet Menurunkan Berat Badan5 Cara Membuat Salad untuk Diet Menurunkan Berat Badan Foto: iStock

Pastikan bahwa salad buatan kamu mengandung lemak sehat di dalamnya. Untuk mendapatkan nutrisi tersebut kamu bisa menambahkan kacang-kacangan yang menyehatkan dan mudah ditemui.

Misalnya kacang almond, kacang mete, kacang tanah, kacang polong, kacang merah dan lainnya. Namun, kacang-kacangan tersebut sebaiknya jangan digoreng agar tidak merusak manfaatnya. Cukup sangrai atau panggang sebentar hingga sedikit kecokelatan.

Selain memberikan manfaat kesehatan, penambahan lemak sehat seperti kacang-kacangan ini juga akan menambahkan cita rasa tersendiri. Rasa renyah gurih beragam kacang akan memberi rasa enak pada salad.

4. Tambahkan Sumber Protein

5 Cara Membuat Salad untuk Diet Menurunkan Berat Badan5 Cara Membuat Salad untuk Diet Menurunkan Berat Badan Foto: iStock

Selain lemak sehat, penting juga untuk memasukkan sumber protein ke dalam racikan salad. Sebab protein dapat membantu proses penurunan berat badan.

Untuk mendapatkan asupan protein, kamu bisa menambahkan dada ayam. Namun, jangan dada ayam yang digoreng, melainkan yang dikukus atau bisa juga dipanggang.

Dada ayam itu kemudian dipotong-potong dadu. Supaya lebih terasa juga boleh ditambahkan sedikit garam dan lada. Bisa juga ditambahkan dada ayam bumbu tradisional seperti bumbu rujak atau kecap.

Editor: NUL

Sumber: detikfood