AS Roma memulai fase grup Conference League dengan kemenangan telak 5-1 atas CSKA Sofia. Giallorossi comeback usai kebobolan cepat dari tamunya.

AS Roma menjamu CSKA Sofia pada laga pertama Grup C Conference League di Olimpico, Jumat (17/9/2021) dini hari WIB. I Lupi sudah kebobolan di menit ke-10 lewat serangan balik, kala Graham Carey menyambar bola liar yang gagal disapu pertahanan Roma.

Peluang bagus buat Roma di menit ke-11. Umpan silang Rick Karsdorp dari kanan jatuh di tiang jauh dan disundul El Shaarawy yang berdiri cukup bebas. Tapi upayanya melambung tipis di atas gawang.

Kesempatan lain untuk tuan rumah tujuh menit berselang didapatkan lewat Eldor Shomurodov. Tusukannya di sisi kiri dalam kotak penalti diakhiri sepakan mendatar yang masih bisa dihalau kiper.

Roma menyamakan kedudukan di menit ke-25. Menerima umpan dari Karsdorp, Lorenzo Pellegrini dengan cerdik mengarahkan tendangan melengkung ke pojok kanan atas gawang dan tak kuasa dijangkau kiper.

GOL! El Shaarawy membawa Roma berbalik memimpin di menit ke-38. Sepakannya usai menerima sodoran dari Shomurodov di depan kotak penalti berakhir di pojok kiri gawang.

Roma menguasai pertandingan dengan lebih baik di babak kedua. Pellegrini mengubah skor menjadi 3-1 pada menit ke-62 setelah menyambut umpan tarik Riccardo Calafiori.

CSKA Sofia semakin kesulitan setelah Yannick Wildschut menerima kartu kuning kedua di menit ke-80. Hanya berselang dua menit kemudian gol keempat Roma tercipta melalui Gianluca Mancini, usai mencocor bola rebound hasil sepakan Chris Smalling yang membentur tiang.

Nyaris Shomurodov membuat gol kelima Roma di menit ke-83. Sepakannya membentur tiang gawang.

Tapi gol kelima itu pada akhirnya tercipta semenit kemudian melalui Tammy Abraham. Ia lolos dari jebakan offside dan menuntaskan umpan Shomurodov.

Tak ada lagi gol tercipta sampai pertandingan selesai. Roma menang 5-1 dan memimpin klasemen Grup C dengan tiga poin dari laga pertama. Bodo/Glimt menempati urutan kedua, hanya kalah selisih gol dari Roma, usai menang 3-1 atas Zorya Luhansk.

Susunan pemain:

AS Roma: Rui Patricio; Karsdorp (Ibanez 46′), Mancini, Smalling, Calafiori (Kumbulla 77′); Villar (Veretout 58′), Diawara (Cristante 58′); Perez, Pellegrini (Abraham 75′), El Shaarawy; Shomurodov

CSKA Sofia: Busatto; Turitsov (Donchev 74′), Mattheij, Galabov, Mazikou; Yomov (Bai 68′), Muhar, Lam, Wildschut; Carey, Krastev (Ahmedov 87′)

 

editor : will
sumber : detik