Buah jamblang mungkin masih terdengar asing di telinga. Padahal sebenarnya, ada banyak manfaat buah jamblang.
Buah jamblang memiliki bentuk lonjong seperti anggur. Buah ini juga kerap disebut sebagai anggur Jawa. kulit buahnya hitam dengan daging buah ada yang berwarna putih, ada juga yang berwarna putih cenderung ungu.

Manfaat buah jamblang sangat beragam. Buah ini juga disebut sebagai salah satu buah rendah kalori.

Vitamin C hingga karbohidrat terkandung di dalamnya. Bahkan ada antioksidan, kalsium, fosfor, dan flavonoid. Melansir berbagai sumber, buah jamblang juga mengandung banyak natrium, tiamin, karoten, serat, asam folat, protein hingga lemak.

Berikut manfaat buah jamblang:

1. Menjaga Kesehatan Jantung
Potasium yang terkandung di dalam buah jamblang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung bahkan menjauhkan Anda terkena masalah jantung. Rutin mengonsumsi jamblang disebut bisa mencegah terjadi pengerasan pada arteri.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan
Buah jamblang tergolong dalam jenis buah rendah kalori dan mengandung serat tinggi. Buah ini cocok dimasukan dalam menu diet Anda, bisa dijadikan cemilan atau jus hingga smoothie.

Manfaat buah jamblang juga bisa membantu metabolisme tubuh dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

3. Mengontrol Diabetes
Kandungan gula di buah jamblang termasuk rendah. Hal ini membuat jamblang tak memberi pengaruh pada peningkatan gula darah di tubuh Anda ketika mengonsumsinya.

Rutin mengonsumsi buah jamblang dipercaya mengurangi gejala diabetes seperti sering buang air kecil.

4. Menjaga Kesehatan Kulit
Buah jamblang memiliki khasiat untuk mendetoksifikasi tubuh, saat proses ini terjadi racun yang ada di tubuh akan luruh. Buah jamblang juga mengandung vitamin A dan E yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit Anda.

Buah jamblang juga dipercaya bisa mengobati jerawat.

Buah ini memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur., keduanya dipercaya bisa mengobati dan menyembuhkan luka yang ada di luar tubuh.

Terdapat glukosida di dalam buah jamblang, zat ini dipercaya bisa mempercepat proses penyembuhan luka.

6. Memperkuat Gigi dan Gusi
Buah jamblang bisa digunakan untuk merawat kesehatan mulut, terutama gigi dan gusi. Anda bisa memanfaatkan daun dan bubuk buah jamblang untuk merawat gigi dan gusi.

Rebusan dari pohon jamblang juga bisa dimanfaatkan untuk obat kumur agar terhindar dari sariawan.

7. Mengobati Masalah Pencernaan
Buah ini memiliki sifat mengurangi pembentukan gas di perut dan membantu saat perut terasa kembung hingga sembelit.

Jamun juga memiliki sidat antasida yang berguna untuk mencegah pembentukan asam di lambung, sehingga buah jamblang bisa berguna untuk permasalahan penyakit gastritis hingga maag.

8. Meningkatkan Hemoglobin
Kaya akan vitamin C dan zat besi, buah ini memiliki khasiat untuk meningkatkan hemoglobin. Kandungan zat besi juga berguna untuk membersihkan darah.

Sama seperti buah-buahan lainnya, ada banyak manfaat buah jamblang yang bisa didapatkan.

 

 

editor : will
sumber : cnn