Mau merenovasi rumah minimalis dengan mengubah warna cat? Berikut pilihan warna cat rumah minimalis yang disesuaikan dengan warna lantai.

Beberapa desainer interior memberikan saran menyesuaikan warna cat dinding rumah minimalis dengan model lantainya. Misalnya rumah dengan lantai kayu yang cerah tidak cocok memakai warna gelap.

Perpaduan cat dinding rumah minimalis dan model lantai akan mempengaruhi penampilan seluruh ruang. Jangan sampai salah memilih warna cat rumah minimalis sehingga membuat ruangan tampak lebih sempit.

Sebagai inspirasi, ini enam warna cat rumah minimalis disesuaikan dengan jenis serta warna lantai:

1. Lantai kayu warna cerah
Jika ruang keluarga, kamar, hingga dapur memiliki lantai kayu warna cerah, desainer interior asal Georgia James Farmer, merekomendasikan warna cat yang kontras untuk rumah minimalis.

Pilih warna-warna yang berani agar terlihat lebih ‘hidup’. Pink atau coral menjadi warna yang disarankan oleh James.

“Untuk warna yang bold seperti pink dan coral terlihat bagus dengan lantai warna blond, bleach, dan pickled wood,” ujar James Farmer.

2. Warm wood
Apakah lantai rumah minimalis kamu bernuansa warm wood? Maka cocok dengan warna cat dinding bernuansa hijau. Coba pilih cat rumah minimalis dengan palet sage atau nuansa sayuran hijau yang cocok dengan jenis lantai ini.

3. Kayu gelap
Bagaimana bila bagian kamar rumah minimalis dilingkupi dengan lantai kayu warna gelap? Jika demikian, tak ada salahnya membedakan warna cat dinding antara kamar tidur dan ruang lain dalam rumah minimalis.

James menyarankan menggunakan warna cat biru muda yang cerah jika lantai kayu gelap. “Warna biru lembut terlihat bagus dengan palet barang-barang antik,” kata James.

Selain warna biru muda, pilihan palet netral seperti putih, abu-abu, atau krem juga direkomendasikan oleh James. Warna cat dinding netral seperti putih tampak kontras dan sempurna ketika dipadukan dengan lantai yang gelap.

4. Batu bata
Apakah bagian teras Bunda masih dilingkupi dengan lantai batu bata? Atau mungkin model rumah vintage dengan ubin batu bata?
Jika rumah minimalis Bunda memiliki bahan alami bernuansa pedesaan maka mainkan nuansa komplementer. Tidak melulu putih agar tetap aman, desainer asal Virginia, Shazalynn Cavin-Winfrey, menyarankan untuk memilih cat biru.

“Satu warna tak terduga yang saya suka gunakan adalah cerulean (biru), menciptakan kontras yang bagus dan terasa homey,” papar Shazalynn.

Warna cat rumah minimalis lainnya adalah hijau. Kini nuansa hijau juga menjadi tren cat rumah minimalis yang tentu membuat hunian Bunda terasa lebih hangat dan kekinian.

5. Abu-abu atau batu-batuan
Lantai rumah minimalis Bunda berwarna abu-abu muda atau bagian teras dan garasi dihiasi dengan batu-batuan alami? Jika lantai bernuansa alami atau abu-abu maka warna cat dinding yang cocok adalah coral.

“Untuk mengeluarkan kehangatan dari abu-abu, cobalah coral, warnanya indah dan bagus saat terpapar cahaya alami,” ucap Shazalynn.

6. Putih
Jika lantai rumah minimalis Bunda tetap putih yang umum digunakan maka bisa dipadukan dengan berbagai warna cat dinding. Perhatikan jenis material lain yang menjadi konsep dalam rumah minimalis Bunda.

Kalau banyak menyelipkan unsur metalik maka pilih cat rumah minimalis bernuansa deep blues. “Cocok dengan sentuhan logam yang dingin,” kata desainer Keita Turner.

 

editor : will
sumber : detik