Minum air putih memang menyehatkan tubuh. Namun kebanyakan minum air putih juga berbahaya. Ada beberapa tanda tubuh kelebihan air putih.
Tubuh kelebihan air putih dikenal sebagai overhydrated (overhidrasi).
Overhidrasi adalah ketidakseimbangan cairan. Hal ini terjadi ketika tubuh memiliki dan menahan lebih banyak cairan dalam tubuh dibanding yang dikeluarkan tubuh.

Mengutip Insider, minum terlalu banyak air dapat menyebabkan efek samping yang berkisar dari iritasi ringan hingga mengancam jiwa – dan overhidrasi dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Elektrolit dalam tubuh seperti kalium, natrium, dan magnesium membantu mengatur segala sesuatu mulai dari ginjal sampai jantung. Namun ketika tubuh kelebihan air

Rasa haus adalah tanda tubuh butuh air putih. Namun ada beberapa orang yang ternyata minum meskipun tak haus.

Jadi jika Anda menenggak air bahkan ketika Anda tidak haus, Anda bisa minum lebih dari yang dibutuhkan tubuh Anda. Biarkan rasa haus menjadi pemandu dan alarm Anda untuk minum.

Sebenarnya, tanpa disadari, tubuh punya alarm otomatis ketika kekurangan atau kelebihan air. Hanya saja banyak orang yang tak sadar dengan alarm ini. Berikut beberapa tanda tubuh kelebihan air putih:

1. Linglung atau disorientasi
Dalam kasus ekstrem, minum terlalu banyak air dan menurunkan konsentrasi natrium dalam darah Anda dapat menyebabkan otak Anda membengkak berbahaya.

Jika Anda mulai mengalami gejala, seperti kebingungan, kejang, atau kehilangan kesadaran, segera hubungi dokter.

2. Urine jernih
Sama seperti rasa haus, urine juga menjadi penanda kurang atau lebih minum.

Mengutip Healthline, urine kuning pucat yang terlihat seperti limun (sedikit kekuningan) menunjukkan hidrasi yang sehat. Urine yang tidak berwarna, di sisi lain, mungkin berarti Anda kelebihan cairan dan perlu mengurangi asupan air.

3. Sakit kepala yang berkepanjangan dan mual
Mengutip WebMD, minum terlalu banyak air dapat menyebabkan kadar natrium dalam darah Anda turun, yang dapat menyebabkan sakit kepala dan mual.

Mengutip The Healthy, gejala overhidrasi sangat mirip dengan dehidrasi. Ketika Anda minum terlalu banyak air, ginjal Anda menjadi tidak dapat membuang kelebihan cairan, dan air mulai terkumpul di dalam tubuh.Hal ini dapat menyebabkan sejumlah gejala yang tidak menyenangkan, seringkali termasuk mual, muntah, dan diare.

4. Kaki, tangan, atau bibir jadi bengkak
Salah satu tanda Anda mengalami ketidakseimbangan elektrolit adalah pembengkakan di tangan, kaki, atau bibir.

Tanda tubuh kebanyakan air putih adalah Minum terlalu banyak air dapat menyebabkan rendahnya kadar natrium darah. Hal ini dapat menyebabkan sel-sel tubuh membengkak dan menahan cairan.

5. Sakit kepala berdenyut
Ketika minum terlalu banyak air, konsentrasi garam dalam darah Anda berkurang, menyebabkan sel-sel di organ-organ di seluruh tubuh Anda membengkak.Ketika minum terlalu banyak air, otak akan tumbuh dan menekan tengkorak. Hal inilah yang menyebabkan sakit kepala berdenyut, gangguan otak, dan kesulitan bernapas.

6. Otot lemah dan kram
Otot lemah dan kram juga jadi tanda tubuh kelebihan air putih. Kadar elektrolit dalam tubuh yang berkurang lantaran kebanyakan minum air putih akan menyebabkan sejumlah gejala seperti kram otot atau kejang otot.

 

 

editor : will
sumber : cnn