Belakangan media sosial khususnya Instagram diramaikan dengan video tes saraf tangan. Banyak netizen yang mengunggah video di Reels berisi gerakan jari tangan yang mengisyaratkan angka 1-5 secara acak.

Apakah tes saraf tangan ala netizen ini benar-benar bisa mengungkap kondisi saraf tangan?

Ryu Hasan, dokter spesialis bedah saraf di Primaya Hospital mengungkapkan gerakan jari tangan seperti di Reels Instagram bukan merupakan tes saraf tangan.

“Itu latihan ketrampilan motorik. Motorik kan benar dikendalikan otak jadi tiap orang ketrampilannya beda-beda, misal, ada yang ketrampilan motorik halusnya lebih baik dari ketrampilan motorik yang lain,” jelas Ryu saat dihubungi pada Senin (13/9).

Pada video ditampilkan deret angka lalu dipraktikkan lewat gerakan tangan. Ryu mengibaratkan ini seperti partitur (teks berisi not musik) dan orang yang memainkan alat musik. Karena kemampuan koordinasi penglihatan dan motorik orang berbeda, maka gerakan tangan tiap orang bisa saja beda atau tidak sesuai angka yang diminta. Namun bukan berarti ada masalah pada saraf tangan Anda.

Jika terus Anda latih gerakan jari tangan, lama-kelamaan akan terampil.

“Itu bukan untuk mengetes kesehatan saraf atau mengetahui penyakit saraf,” imbuhnya.

Senada dengan Ryu, Yuda Turana, dokter spesialis saraf RS Atma Jaya, berkata video tes saraf tangan yang beredar di media sosial bukan merupakan tes saraf. Saat saraf jari tangan terganggu, gerakan sederhana seperti pada video pun belum tentu terganggu.

“Misalnya saja [saraf tangan] terganggu bisa karena gangguan otot dan sendi juga,” kata Yuda saat dihubungi secara terpisah.

Yuda menambahkan gangguan pada saraf tangan atau jari-jari tangan bisa ditandai dengan keluhan kesemutan, kekakuan dan kelemahan pada jari. Selain itu juga bisa ditemukan tanda berupa tremor.

Ryu menambahkan tanda masalah saraf di area tangan juga bisa ditandai dengan tangan mendadak kebas. Kebas misalnya pada tangan kiri, biasanya bersumber dari saraf leher terjepit atau ada masalah pada otak sebelah kanan.

Kemudian kelemahan di salah satu sisi tangan. Tangan terasa lebih lemah dari biasanya. Ada pula kesemutan yang kerap terjadi mulai dari pergelangan tangan hingga ujung jari.

“Kalau kebas hilang timbul atau makin hebat sebaiknya kontrol ke dokter. Terjadi kelemahan, juga harus cek,” katanya.

Editor: NUL

Sumber: cnnindonesia