Country Leader Indonesia Amazon Web Service (AWS), Gunawan Susanto, menyatakan perusahaan rintisan (startup) dapat melakukan inovasi dengan Cloud.

Mulai dari beban kerja yang sederhana seperti komputasi dan hingga pemanfaatan teknologi yang lebih kompleks seperti database, kecerdasan artifisial, dan machine learning.

“Contohnya ada salah satu two peer lending Credivo menggunakan face recognition dari foto untuk bisa membantu untuk memisahkan proses,” kata Gunawan pada konferensi pers yang disiarkan secara virtual, Selasa (7/9).

Selain itu, perusahaan penyedia kesehatan jarak jauh Halodoc menggunakan prosesor Graviton2 untuk mengurangi biaya, serta machine learning untuk memilah gambar-gambar yang berpotensi tidak senonoh.

Memahami Dunia Baru Metaverse yang Disinggung Mark Zuckerberg
Gunawan juga mengatakan, AWS mendukung sejumlah startup lintas industri dalam misinya untuk memecahkan berbagai permasalahan.

“Di Indonesia khususnya, AWS sangat bangga karena dengan mendukung startup lokal, kami secara tidak langsung juga turut menyumbangkan solusi-solusi kami bagi negeri, terutama para pelaku UMKM yang harus dimampukan berinovasi dengan teknologi,” paparnya.

Lebih lanjut, menurut Gunawan tidak boleh ada konstituen yang tertinggal dalam perjalanan menuju pertumbuhan ekonomi yang teramat pesat bagi Indonesia, baik UMKM, startup, maupun perusahaan kelas enterprise.

Sebagai penyedia solusi teknologi, pihaknya berupaya menggunakan pendekatan yang tepat guna memahami karakteristik dan kebutuhan masing-masing kelas usaha.

Dari segi keamanan, AWS menjamin bahwa Cloud aman digunakan oleh perusahaan-perusahaan startup tanah air.

“Kami pun menawarkan pilihan infrastruktur dan solusi cloud yang aman bagi startup-startup Indonesia karena kami telah mengantongi beberapa sertifikasi kepatuhan seperti ISO27001,” kata Gunawan.

Di kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menuturkan saat ini peran strategis yang dimainkan oleh pemerintah, pelaku usaha, serta pemangku kepentingan lainnya seperti komunitas, media, dan lembaga pendidikan adalah merumuskan bagaimana menangkap peluang yang amat besar tersebut dengan bantuan digitalisasi.

“Pemanfaatan teknologi cloud adalah sebuah tren yang akan terus berlangsung, dan saya percaya bahwa di masa depan, setiap data, operasional, dan beban kerja akan dikelola di cloud. AWS memainkan peran penting sebagai penyedia infrastruktur dan juga layanan berbasis cloud,” tutur Sandiaga.

Editor : Will
sumber : cnn