Daftar 10 universitas termahal di dunia menetapkan biaya kuliah yang bikin para peminat berpikir dua kali. Namun kuliah mahal tak jadi soal bagi yang mampu dan ingin mendapatkan mutu pendidikan terbaik.

Penasaran, universitas mana saja yang menjadi universitas termahal di dunia? Berikut adalah daftarnya dikutip dari laman The Richest,

10 universitas termahal di dunia
1. Harvey Mudd College, Claremont, CA
Harvey Mudd College didirikan pada tahun 1955 yang menawarkan program studi matematika dan sains. Kampus ini menawarkan biaya kuliah rata-rata $80,000 atau sekitar Rp 1,1 miliar jika dikonversi dalam Rupiah. Terpilih sebagai sekolah terbaik ke-18 di Amerika versi Forbes, Harvey Mudd menghasilkan jumlah lulusan PhD STEM tertinggi.

2. John Hopkins University, Baltimore, MD
John Hopkins University didirikan pada tahun 1876 dengan biaya kuliah tahunan sekitar $70,000 atau Rp 996 juta. Beberapa jurusan unggulan di universitas ini yaitu jurusan matematika, sains, dan kecerdasan buatan. John Hopkins University juga terdapat di di Washington D.C., Bologna, Italia dan Nanjing, Cina.

3. Parsons School Of Design, New York
Kampus ini adalah salah satu sekolah seni terbaik di dunia. Parsons menetapkan biaya kuliah tahunan sebesar $67,000 atau sekitar Rp 954 juta. Mahasiswa di kampus ini berpeluang mendapatkan gelar dan kompetensi yang baik dalam seni rupa, desain grafis dan digital, studi media dan film dan fotografi.

4. Dartmouth College, Hanover
Universitas Ivy League ini didirikan pada tahun 1769 yang menjadikannya lembaga pendidikan tertua kesembilan di Amerika. Biaya kuliah di Dartmouth kira-kira $67,000 atau sekitar Rp 954 juta setahun. Beberapa jursan yang ditawarkan kampus ini adalah antropologi, ilmu saraf, pendidikan jasmani dan seni studio.

5. Columbia University, New York
Universitas termahal di dunia selanjutnya adalah Columbia University. Universitas tertua Amerika ini berdiri tahun 1754 dan menjadi kampus pertama yang memberikan gelar master. Biaya kuliah Columbia University mencapai $66,000 atau Rp 934 juta per tahun dalam berbagai jurusan.

6. Wesleyan University, Middletown
Awalnya Wesleyan University yang berdiri pada 1831, adalah kampus untuk laki-laki. Biaya kuliah yang ditawarkan adalah $65,000 atau Rp 935 juta dengan nilai tukar Rp 14.225. Beberapa jurusan yang ada di universitas ini adalah studi China, Jepang, Teater dan Film.

7. University Of Oxford, UK
University Of Oxford merupakan universitas tertua di Inggris. universitas ini memiliki biaya kuliah tahunan sebesar $62,000 atau Rp 882 juta per tahun. Kampus Oxford sempat jadi perbincangan di Indonesia, setelah menjadi kampus Maudy Ayunda saat menyelesaikan pendidikan S1.

8. ETH Zurich-Swiss Federal Institute, Switzerland
ETH Zurich didirikan Pemerintah Federal Swiss pada tahun 1854. Universitas menduduki peringkat ketujuh di QS World University Rankings ini, telah lama menjadi pusat keunggulan nasional dalam sains dan teknologi. Biaya kuliah tahunan di kampus ini mencapau sekitar $60,000 atau Rp 854 juta.

9. Duke University, Durham
Duke University pertama kali didirikan di kota Trinity pada tahun 1838 dan pindah ke Durham pada tahun 1892. Kampus yang memiliki luas lebih dari 8.600 hektar ini, menjadi salah satu perguruan tinggi Kristen terbaik di Inggris. Biaya kuliah tahunan di kampus ini sekitar$55,000 atau Rp 783 juta.

10. Stanford University, Santa Clara
Stanford dikenal sebagai universitas yang dekat dengan Silicon Valley dan teluk San Francisco yang indah. Universitas ini juga memiliki Stanford Research Park dengan jalan beraspal terbuka untuk pengendara sepeda motor dan pejalan kaki. Untuk menikmati fasilitas tersebut, Stanford menetapkan biaya kuliah tahunan $51,000 atau sekitar Rp 726 juta.

Biaya kuliah dalam daftar ini ditetapkan dalam Dolar Amerika. Demikianlah daftar universitas termahal di dunia. Adakah universitas impian detikers?

Editor : will
sumber : detik