Jenazah Dimas (16) pelajar SMP, warga Baloi, Lubuk Baja, Batam, Kepulauan Riau korban hanyut di kanal Baloi Permata, akhirnya ditemukan tim Basarnas sekitar pukul 11.30 wib, Sabtu (4/9/2021).

Saat ditemukan, jenazah korban diketahui dalam keadaan tertelungkup, dan ditemukan di wilayah Kampung Nelayan, sekitar 8 kilometer dari lokasi kejadian awal.

“Korban ditemukan sudah hampir mencapai wilayah perairan laut Batuampar. Kita temukan korban dalam keadaan tertelungkup,” jelas Komandan Tim (Dantim) SAR Batam, Wawan saat ditemui di lokasi, Sabtu (4/9/2021).

Adapun pencarian diutarakannya, dilakukan selama dua hari, setelah pada pencarian hari pertama yang berlangsung, Jumat (3/9/2021) kemarin diakuinya tidak membuahkan hasil.

Dalam pencarian korban, Tim Basarnas juga dibantu oleh pihak Satpolair Polda Kepri, dan masyarakat sekitar. Proses pencarian sendiri, juga menggunakan tiga perahu karet, milik Basarnas dan Kepolisian.

“Karena kedalaman lokasi pencarian sudah sangat dalam dibandingkan dengan lokasi kejadian awal,” paparnya.

Usai dievakuasi, kata dia, jasad korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK) untuk diautopsi.

“Setelah diautopsi baru kami kembalikan ke pihak keluarga untuk dikebumikan,” kata Wawan.

Sebelumnya, Dimas dilaporkan hilang terseret arus sungai, Jumat (2/9/2021) kemarin usai bermain di sungai Baloi, saat curah hujan tinggi.

Yus, salah seorang warga di lokasi, mengatakan, mulanya korban hendak bermain bola bersama anaknya.

Namun, cuaca yang saat itu sedang hujan membuat mereka mengurungkan niatnya bermain bola.

“Si Dimas lalu mengajak anak saya dan beberapa temannya mandi di sungai itu, tapi karena arus deras dia terseret makin ke tengah. Dia bahkan sempat memegang pohon pisang yang ada di bibir sungai, tapi tidak tertolong juga,” katanya.

Yus menerangkan, Dimas adalah warga Ruli Baloi Baloi Persero, dan masih duduk di bangku sekolah kelas IX tingkat pertama.

Editor: WIL

Caption: Tim Basarnas menmbawa jenazah Dimas, pelajar SMP yang hanyut di kanal Baloi Permata. F.pojokbatam.id