Seleb TikTok, Khaby Lame. Foto: Khaby Lame via Instagram
Wajah seorang pria yang dikenal dengan nama Khaby Lame, pasti berseliweran jika kamu buka platform TikTok.Banyak yang tak tahu, bahwa sebelum terkenal dan sekaya sekarang ini, dia dulunya menjalani hidup yang cukup sulit dan sempat di PHK dari pekerjaannya, karena terdampak pandemi covid.
Khabane ‘Khaby’ Lame bukanlah siapa-siapa 18 bulan yang lalu, tetapi sekarang dia artis┬áTikTok dan baru saja melewati Addison Rae untuk menjadi konten kreator TikTok dengan follower terbanyak kedua di dunia mencapai 100 juta.
Dengan raih kesuksesan yang terbilang cepat seperti itu, dikutip News.com.au, Lame diperkirakan memiliki kekayaan bersih antara 1,3 juta dolar AS (Rp 18,7 miliar) hingga 2,7 juta dolar AS (Rp 38,8 miliar). Tapi jangan lihat kesuksesan Lame saat ini, dulu dia juga pernah merasakan hidup susah.
Kisah Khaby Lame, Artis Tiktok Tajir Berharta Rp 38 M yang Dulu Kena PHK (1)

searchPerbesar
Seleb TikTok, Khaby Lame. Foto: Khaby Lame via Instagram
Lame yang kini berusia 21 tahun harus kehilangan pekerjaannya sebagai buruh pabrik, karena pandemi COVID-19 pada Maret 2020 lalu. Pemuda ini aslinya berasal dari negara Afrika Barat, Senegal dan telah pindah ke kota industri Chivasso di Italia utara.
Ayah Lame dilaporkan memintanya untuk melamar pekerjaan lain, tetapi pengguna media sosial muda itu memutuskan untuk menghabiskan waktunya di TikTok. Dia mendadak terkenal karena ekspresi wajahnya yang khas dan video reaksinya. Khaby Lame sering tampil lalu menatap ke kamera dengan tatapan aneh, dengan sarkastik memberikan jawaban mudah untuk masalah sepele yang jalan keluarnya dibikin sulit.
Lame mulai membuat video di mana dia bereaksi terhadap beberapa tutorial life hack atau aksi yang membuat hidup bikin mudah, tapi paling aneh di internet. Dia tidak pernah berbicara sepatah kata pun, malah membuat ekspresi yang berkesan dan mengangkat bahu ke kamera.
Dia memiliki 1,5 miliar suka di TikTok dan videonya yang paling banyak ditonton telah dilihat 158 juta kali. Lame percaya kesuksesannya adalah semua berkaitan dengan ekspresi wajahnya.
Salah satu alasan utama kesuksesan mengejutkan Lame tampaknya adalah bagaimana videonya berbeda dengan banyak video dari konten kreator TikTok populer yang lainnya. Di mana banyak konten kreator besar menggunakan kamera berkualitas tinggi, musik yang populer, dan merencanakan pencahayaan mereka dengan hati-hati, Lame membuang jauh semua itu.
Video-video yang dibikin Lame sering kali tenang dan sangat realistis. Alih-alih melenturkan gerakan tarian atau keterampilan transisi yang memikat, Lame sering kali hanya duduk di depan kamera. Dia tidak repot-repot mengoptimalkan pencahayaan, menggunakan filter warna atau mengedit videonya sama sekali.
Bukan hanya TikTok tempat pemuda Italia itu memiliki penggemar, tetapi juga di Instagram di mana 37,4 juta orang mengikutinya. Bahkan ada forum Reddit dengan hampir 1.000 anggota yang didedikasikan untuk berbagi informasi tentang dia. Ekspresi wajahnya yang khas disukai oleh semua orang dan ada beberapa meme Khaby Lame di media sosial.
Editor : Aron
Sumber : kumparan