Beberapa roket ditembakkan ke bandara Kabul, Afghanistan pada Senin (30/8). Ini terjadi kurang dari 48 jam sebelum Amerika Serikat akan menyelesaikan penarikan pasukannya dari Afghanistan.

Belum diketahui siapa yang menembakkan roket-roket tersebut. Seperti diberitakan kantor berita AFP, Senin (30/8/2021), suara roket menderu di atas ibu kota Afghanistan terdengar oleh staf AFP sebelum jam sibuk pagi dimulai.

Menurut seorang pejabat keamanan yang bekerja di pemerintahan Afghanistan yang digulingkan dua minggu lalu oleh Taliban, roket-roket itu ditembakkan dari sebuah kendaraan di Kabul utara.

Suara sistem pertahanan rudal bandara Kabul dapat didengar oleh penduduk setempat, yang juga melaporkan pecahan peluru jatuh ke jalan — menunjukkan setidaknya satu roket telah dicegat.

Asap terlihat membubung di atas gedung-gedung di wilayah utara Kabul, di mana Bandara Internasional Hamid Karzai berada.

Unggahan media sosial yang tidak dapat segera diverifikasi, juga menunjukkan sebuah kendaraan terbakar. Belum ada keterangan lebih detail mengenai insiden ini.

Evakuasi warga asing dan warga Afghanistan yang dianggap berisiko mendapat pembalasan Taliban karena bekerja dengan pasukan pimpinan AS selama 20 tahun terakhir, sedang dalam tahap akhir. Evakuasi ini secara resmi akan berakhir Selasa (31/8) ketika pasukan AS terakhir ditarik keluar dari Afghanistan.

Editor : Aron
Sumber : detiknews