Air soda adalah air berkarbonasi atau air yang diberi tambahan gas karbon dioksida di bawah tekanan. Berikut manfaat air soda.(Foto: iStockphoto/Dogan Kutukcu)

Air soda adalah air berkarbonasi atau air yang diberi tambahan gas karbon dioksida di bawah tekanan. Air soda dikenal juga dengan istilah sparkling water. Selain memberikan sensasi menggelitik, terdapat sejumlah manfaat air soda lainnya.
Tak hanya karbon dioksida, air soda juga kerap ditambahkan garam dan sejumlah mineral lainnya untuk memperkaya rasa. Air soda juga tergolong sedikit asam karena mengandung pH 3-4.

Berikut manfaat air soda:

1. Membantu tubuh terhidrasi
Minum air soda membantu menjaga asupan cairan dalam tubuh dengan baik, terutama untuk orang yang kesulitan minum air putih. Menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat mencegah timbulnya gejala dehidrasi seperti lelah, sakit kepala, dan hilang konsentrasi.

2. Meningkatkan pencernaan
Dikutip dari Web MD, penelitian menunjukkan konsumsi air soda dapat membantu pencernaan dengan meredakan gangguan pencernaan dan sembelit.

3. Meningkatkan kemampuan menelan
Studi menunjukkan air soda juga dapat meningkatkan kemampuan menelan pada anak muda dan juga orang dewasa. Air berkarbonasi dapat merangsang saraf untuk menelan.

4. Menimbulkan rasa kenyang
Minum air soda juga dapat menimbulkan rasa kenyang lebih banyak dibandingkan dengan minum air putih biasa. Dikutip dari Healthline, studi menunjukkan air berkarbonasi juga membuat makanan lebih lama di perut.

5. Bisa membantu diet
Efek kenyang yang timbul saat minum air soda dapat membuat seseorang makan lebih sedikit sehingga dapat menurunkan berat badan.

Itulah manfaat air soda untuk tubuh. Namun, sebaiknya konsumsi air soda tidak berlebihan karena dapat berisiko menimbulkan efek kesehatan seperti mempengaruhi enamel gigi karena kandungan asam dan meningkatkan risiko gas berlebih atau perut kembung.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia