Fabio Quartararo menang MotoGP Inggris 2021 di Sirkuit Silverstone, Minggu (29/9/2021), pada balapan yang diwarnai kecelakaan nahas Marc Marquez di lap pertama.

Pol Espargaro yang memulai balapan dari pole tampil sempurna dan unggul atas kakaknya, Aleix Espargaro, di awal balapan. Marquez langsung mengalami nasib sial di awal balapan setelah terlibat kecelakaan dengan Jorge Martin di antara tikungan delapan dan sembilan.

Kedua pembalap sudah senggolan di tikungan lima. Setelah Martin sempat melebar, Marquez dan pembalap Pramac itu akhirnya bersenggolan hingga terjatuh.

Hasil itu cukup mengecewakan bagi Repsol Honda. Pasalnya, Marquez sempat menunjukkan performa yang apik untuk setidaknya merebut podium setelah start dari posisi lima.

Perubahan posisi baru terjadi di lap keempat. Quartararo sukses menyalip Aleix dan pembalap Aprilia itu kembali turun ke posisi empat setelah disalip Bagnaia. Namun, Aleix sukses kembali menyalip Bagnaia di tikungan pertama lap kelima.

Quartararo kemudian memimpin balapan di lap kelima. Pol turun ke posisi ketiga setelah disalip Aleix di lap keenam. Memasuki lap delapan, Quartararo sudah unggul 1,8 detik atas Aleix. Satu lap kemudian Pol kehilangan posisi podium setelah disalip Alex Rins.

Di lap ke-12, Rins memanfaatkan kesalahan Aleix untuk berada di posisi kedua. Rins tampil luar biasa dengan sudah berada di posisi kedua di setengah balapan setelah start dari posisi 10.

Rins harus bekerja keras untuk bisa menang di MotoGP Inggris 2021. Pasalnya, Rins terpaut hingga 3,4 detik atas Quartararo setelah sukses menyalip Aleix.

Quartararo berhasil mempertahankan keunggulan hingga akhir balapan dan menang MotoGP Inggris 2021 setelah mengalahkan Rins. Podium ketiga menjadi milik Aleix yang mampu mengalahkan Jack Miller di balapan sengit hingga tikungan terakhir.

Editor: NUL

Sumber: cnnindinesia