Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menemui Direktur Pembangunan Jembatan di Direktorat Jenderal Bina Marga, Yudha Handita Panjiriawan dan Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Marga, Abram Elsajaya Barus di Jakarta, Kamis (26/8/2021).

Kunjungan Gubernur ini menindaklanjuti hasil pertemuan sehari sebelumnya dengan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI Suharso Monoarfa.

Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad bersama rombongan diterima Dirjen Bina Marga Yudha Handita Panjiriawan. F.Ist untuk pojokbatam.id

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan kesiapan Pemerintah Provinsi Kepri dalam hal rencana pembangunan jembatan Batam-Bintan.

Pemprov Kepri, ditegaskan Gubernur sudah sangat siap. Dimulai dari kesiapan lahan baik dari sisi Kota Batam maupun Bintan, DED, soil investigation, AMDAL dan sebagainya. Dengan target seluruh kelengkapan administrasi paling lama Desember tahun 2021 sudah diserahkan ke kementerian PUPR.

“Pemprov Kepri sudah siap untuk pembangunan jembatan Batam-Bintan, bahkan sangat siap sekali. Insya Allah akhir Desember semua kelengkapan administrasinya kita serahkan ke kementerian PUPR. Terkait hibah lahan dari BP Batam juga akan kita segerakan proses penyerahannya ke kementerian PUPR. Tadi dalam pertemuan semuanya kita bahas secara detil, termasuk kesiapan pahan disisi Bintan,” kata Gubernur.

Selanjutnya, kata Gubernur, proses lelang tender dan sebagainya akan dilakukan di Kementerian PUPR. Gubernur juga berharap agar pembangunan jembatan ini segera terealisasi.

“Prinsipnya, untuk masalah pembangunan jembatan ini. Kita hanya mengerjakan yang seharusnya kita kerjakan. Selebihnya memjadi tanggungjawab kementerian PUPR. Dan apa-apa saja yang menjadi tanggungjawab kita, insya Allah Desember ini sudah kita selesaika,” pungkas Gubernur.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Keri Rodi Yanpari yang mengikuti pertemuan ini membenarkan apa yang disampaikan Gubernur.

“Betul yang disampaikan Gubernur, kita sudah siap. Bahkan kita sudah sangat siap untuk proyek jembata Batam-Bintan tersebut,” kata Rodi. (Advetorial)