Kadar gula dalam darah dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi. Anda bisa menurunkan gula darah dengan minum infused water. Terdapat sejumlah infused water untuk menurunkan gula darah.
Infused water adalah minuman yang terbuat dari campuran air putih dengan potongan buah-buah, herbal, atau rempah-rempah. Campuran ini lalu didiamkan atau didinginkan selama beberapa jam.

Kandungan nutrisi dalam buah, herbal, atau rempah dapat melebur di dalam air. Aroma dan rasa air pun semakin segar.

Berikut infused water untuk menurunkan gula darah:

1. Timun
Timun merupakan sayuran dengan indeks glikemik yang rendah sehingga baik untuk gula darah. Studi pada hewan menunjukkan ekstrak timun dapat menurunkan gula darah.

Buat infused water timun dengan cara mencampurkan potongan timun, daun mint, dan lemon ke dalam air. Dinginkan semalaman.

2. Kayu manis
Infused water kayu manis dapat mengontrol gula darah. Dikutip dari NDTF, Studi menunjukkan kayu manis membantu pankreas melepaskan insulin sehingga meningkatkan tubuh memproses glukosa.

Infused water kayu manis dapat dibuat dengan mencampur potongan kayu manis atau bubuk kayu manis ke dalam air putih. Biarkan semalaman.

3. Jahe
Infused water jahe juga dapat menurunkan gula darah. Jahe kaya akan seng yang membantu meningkatkan sekresi insulin. Kandungan antioksidan dan anti-inlamasi pada jahe juga baik untuk diabetes.

Infused water jahe dapat dibuat dengan mencampurkan potongan jahe ke dalam air putih. Dapat juga ditambahkan dengan potongan lemon. Biarkan semalaman.

Editor : Aron
Sumber : kumparan