Foto: Getty Images/iStockphoto/trumzz

Lidah buaya bukan hanya baik untuk kesehatan kulit tapi juga bisa bantu menurunkan berat badan. Apalagi rasanya enak dan teksturnya kenyal segar.

Banyak wanita sudah tahu manfaat lidah buaya untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Lidah buaya membantu menjaga kelembaban kulit dan menjaganya agar tetap awet muda.

Banyak produk kecantikan yang dibuat dengan bahan dasar lidah buaya. Eits ternyata tak hanya itu, lidah buaya juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Dilansir dari Food NDTV (23/8) secara alami lidah buaya membantu melancarkan sistem pencernaan, menjaga metabolisme tubuh serta menjadi detox yang mengeluarkan racun dalam tubuh. Dengan manfaat ini, kamu juga bisa membuat tubuh langsing dan sehat.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Indian Journal of Dermatology, lidah buaya mengandung berbagai nutrisi di antaranya, vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, magnesium, kalium, natrium dan berbagai zat gizi lainnya.

Berikut beberapa manfaat lidah buaya untuk melangsingkan tubuh:

1. Mengatasi sembelit

Salah satu manfaat konsumsi lidah buaya adalah melancarkan sistem pencernaan. Masalah pada saluran cerna seperti sembelit bisa diatasi dengan lidah buaya.

Tanaman dengan nama ilmiah Aloe Vera ini mengandung antrakuinon. Zat ini merupakan senyawa fenolik yang secara tradisional dikenal sebagai obat pencahar. Fungsi dari antrakuinon yakni mengatasi sembelit.

Banyak orang mengeluhkan perut buncit karena sulit buang air besar. Dengan mengonsumsi lidah buaya, maka intensitas buang air besar akan lebih teratur dan lancar. Perut buncit karena sembelit pun mudah diatasi.

2. Membuat efek kenyang lebih lama

Kandungan serat serta air pada daging lidah buaya membantu memberi efek rasa kenyang. Dengan demikian kamu bisa membatasi asupan makan. Namun bukan berarti lidah buaya bisa dijadikan pengganti makanan utama.

Lidah buaya secara alami mampu menurunkan kadar glukosa dalam aliran darah. Mengasup lidah buaya juga membatasi laju penyerapan gula sehingga bisa menjadi cadangan energi dalam jangka waktu lebih lama.

Lidah buaya bisa dinikmati sebagai campuran minuman ataupun dijadikan olahan salad yang segar dikonsumsi dingin. Padukan daging lidah buaya dengan buah segar lain untuk mendapatkan manfaat ekstra.

Daging lidah buaya mengandung antioksidan dan polisakarida. Dua zat ini membantu menjaga serta menguatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, racun dan radikal bebas tidak mudah masuk ke dalam tubuh.

Lidah buaya bahkan berperan aktif sebagai zat untuk detoksifikasi. Racun dalam tubuh akan dikeluarkan lewat feses sehingga tubuh jauh lebih sehat. Konsumsi jus lidah buaya dengan tambahan air jeruk lemon untuk membuat proses detoksifikasi makin maksimal.

4. Konsumsi jus lidah buaya

Cara paling mudah mengonsumsi lidah buaya adalah dengan membuat minuman jus. Bahan yang digunakan juga sangat sederhana yakni daging lidah buaya segar, air dan jeruk lemon.

Kupas lidah buaya, bersihkan lendirnya lalu potong bagian dagingnya menjadi kecil. Masukkan dalam blender, tambahkan sedikit air dan air jeruk lemon. Proses hingga halus, segera konsumsi. Kamu juga bisa menambahkan madu dan es batu agar rasanya enak.

5. Efek samping konsumsi lidah buaya

Lidah buaya memang membantu menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan ternyata memiliki efek samping. Oleh karenanya batasi konsumsi lidah buaya agar tak menyebabkan masalah kesehatan.

Kandungan lateks alami pada lidah buaya menyebabkan kram dan nyeri perut jika dikonsumsi berlebihan. Kandungan ini pula bisa menyebabkan diare, gangguan ginjal, gangguan elektrolit, dan gangguan fungsi hati.

Konsumsi satu gelas jus lidah buaya sebanyak 2-3 kali dalam seminggu masih dianggap wajar. Konsultasikan dulu dengan dokter jika kamu sedang mengonsumsi obat tertentu. Lidah buaya juga terkadang menimbulkan reaksi tertentu pada orang yang mengonsumsi obat.

Editor : Aron
Sumber : detikfood