Menjalani program diet untuk turunkan berat badan memang gampang-gampang susah. Namun, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar diet berhasil.
Diet pada dasarnya merupakan perencanaan pola makan harian. Banyak orang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan yang bisa membawa banyak manfaat kesehatan secara menyeluruh.

Sebagaimana telah diketahui, kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko sejumlah penyakit kronis.

Banyak program diet yang ditawarkan. Mulai dari diet yang moderat hingga ekstrem. Namun, tak ada satu pun yang dapat menjamin keberhasilan penurunan berat badan.

Penurunan berat badan yang sehat seyogianya didapat melalui proses yang lama dan berkelanjutan. Penurunan berat badan dengan cepat hanya akan berdampak buruk terhadap kesehatan.

Meski banyak program diet yang bisa Anda coba, gaya hidup seimbang, pola makan bergizi, dan pikiran positif tetap menjadi kunci utama penurunan berat badan.

Berikut beberapa tips diet berhasil yang perlu Anda ketahui, mengutip berbagai sumber.

1. Tujuan realistis, fokus pada kesehatan
Banyak orang menjalani program diet demi menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, tujuan itu kebanyakan membuat program diet justru tak berhasil.

Ahli diet Ann Kulze menyarankan Anda untuk menetapkan tujuan yang realistis, bahkan sebelum memulai program diet.

“Jika Anda menetapkan tujuan yang sulit, seperti kehilangan belasan hingga puluhan kilogram dalam waktu singkat, maka yang Anda dapatkan hanya-lah kegagalan,” ujar Ann, mengutip WebMD.

Sebaliknya, program diet akan lebih berhasil jika Anda fokus pada kesehatan dan menciptakan strategi yang masuk akal.

2. Lakukan perlahan
Keberhasilan diet memerlukan perubahan gaya hidup yang konsisten dan membutuhkan waktu lama.

“Anda memiliki peluang [menurunkan berat badan] lebih besar jika Anda menurunkannya secara perlahan,” ujar Ann. Dia juga menyebut, diet ekstrem yang membuat banyak orang kelaparan justru memiliki tingkat kegagalan yang tinggi.

3. Konsumsi makanan yang bervariasi dan padat nutrisi
Makanan yang sehat adalah kunci. Mengutip Medical News Today, cara sederhana untuk membuat perencanaan makanan adalah dengan membaginya ke dalam 50 persen buah dan sayuran, 25 persen biji-bijian, dan 25 persen protein. Lengkapi dengan asupan serat total 25-30 gram per hari.

Jangan lupa juga untuk menghilangkan lemak trans dari makanan dan batasi asupan lemak jenuh. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi asupan asam lemak tak jenuh tunggal yang lebih sehat.

4. Pangkas asupan kalori cair
Minuman berkalori seperti minuman bersoda dan berpemanis memang sangat menggoda. Namun, Anda perlu memangkas asupan kalori dalam bentuk cair ini.

Kalori cair dikenal sebagai ‘kalori kosong’ karena memberikan kandungan energi ekstra tanpa menawarkan manfaat nutrisi apa pun.

5. Makan dengan mindful
Ilustrasi. Salah satu tips diet berhasil adalah membiasakan diri makan dengan mindful. (iStockphoto/Anusak Rojpeetipongsakorn)
Banyak orang mendapatkan manfaat dari kebiasaan mindful eating atau makan dengan penuh perhatian. Konsep makan ini melibatkan kesadaran penuh dalam diri tentang mengapa, bagaimana, kapan, di mana, dan apa yang Anda makan.

Orang yang memiliki kebiasaan mindful eating juga biasanya makan dengan lebih lambat dan menikmati setiap apa yang masuk ke dalam mulut, berkonsentrasi pada rasa. Makan setidaknya dalam waktu 20 menit, agar tubuh dapat merasa kenyang lebih lama.

6. Tetap positif
Penurunan berat badan adalah proses bertahap. Tak menutup kemungkinan di tengah jalan Anda akan merasa putus asa saat berat badan yang diinginkan tak juga didapat.

Namun, program penurunan berat badan yang sukses mengharuskan seseorang untuk bertahan dan tidak menyerah saat menghadapi situasi sulit.

Beberapa orang perlu mengatur ulang tujuan. Misalnya saja dengan menyesuaikan jumlah total kalori yang dimakan atau mengubah pola olahraga.

Yang terpenting adalah menjaga pikiran tetap positif dalam mengatasi hambatan penurunan berat badan.

7. Komitmen pada olahraga
Olahraga teratur penting untuk kesehatan fisik dan psikis. Meningkatkan aktivitas fisik dengan disiplin dan terarah berperan penting untuk keberhasilan penurunan berat badan.

Mengutip Very Well Fit, rutinitas olahraga dasar idealnya mencakup kardio, latihan otot, dan latihan fleksibilitas yang membantu membakar kalori serta menjaga jaringan ikat tetap fleksibel.

Namun, Anda tak perlu terburu-buru untuk berolahraga dengan intensitas tinggi. Anda bisa memulainya perlahan.

Meluangkan waktu 60 menit untuk melakukan aktivitas fisik intensitas sedang per hari seperti jalan cepat saja sudah cukup ideal. Jika dirasa tak mampu meluangkan waktu terlalu banyak, Anda bisa cukup menargetkan minimal 150 menit aktivitas fisik setiap pekan.

Orang yang tak biasa aktif secara fisik perlu meningkatkan intensitas olahraganya secara bertahap. Pendekatan ini merupakan cara yang berkelanjutan untuk membuat olahraga teratur menjadi gaya hidup Anda.

Anda juga dapat memulai olahraga dengan hal-hal sederhana seperti berikut:
– menaiki tangga
– menyapu
– berjalan kaki dengan hewan peliharaan
– berkebun
– menari
– dan masih banyak lagi.

8. Pemantauan mandiri
Selain melakoni program diet, Anda juga perlu melakukan pemantauan untuk mengetahui sejauh apa keberhasilan program diet yang dijalani.

Data dari National Weight Control Registry (NWCR) melaporkan bahwa sekitar 44 persen anggotanya menimbang berat badannya setiap hari. Sementara 31 persen menimbang berat badan setidaknya sekali dalam sepekan.

Anda juga perlu memperhatikan setiap perubahan dalam diri Anda, yang mungkin terjadi karena perubahan berat badan. Misalnya saja, Anda mulai bisa menyilangkan kaki dengan nyaman.

Jangan lupa untuk mencatat setiap perkembangan dan perubahan. Lengkapi pula jurnal diet Anda dengan daftar apa yang Anda makan dan olahraga jenis apa yang Anda lakoni.

9. Tetap terhidrasi
Mengutip Everyday Health, penelitian telah menemukan bahwa orang yang minum dua gelas air sebelum makan akan kehilangan berat badan lebih banyak daripada mereka yang tidak minum air sebelum makan.

“Haus dapat menjelma sebagai rasa lapar, yang membuat Anda makan berlebih. Dan air membuat Anda merasa lebih kenyang, sekaligus membuat Anda makan lebih sedikit,” ujar konsultan nutrisi, Megan Casper.

10. Tidak melewatkan sarapan
Sarapan juga berperan penting dalam tips diet berhasil. Untuk melawan keinginan makan berlebih di siang dan malam hari, pastikan konsumsi protein sehat di pagi hari seperti telur, yogurt, dan kacang-kacangan.

Padukan asupan protein Anda dengan makanan berserat tinggi seperti buah untuk sarapan di pagi hari.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia