Bank Indonesia Perwakilan Kepri membuka Gebyar Melayu Pesisir (GMP) II untuk mendongkrak pelaku usaha saha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di masa pandemi Covid-19, Senin (23/8/2021). Hadir dalam kegiatan ini Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad.

Amsakar mengaku sangat mengapresiasi kegiatan GMP ini karena didukung langsung dari sejumlah kementerian, terutama Duta Besar Indonesia untuk Singapura.

Banyaknya dukungan ini membuat Amsakar terus mendorong UMKM yang ada di Batam terus berbenah dan mampu merambah dunia digital untuk masuk pasar internasional.

“UMKM ini sangat tangguh di tengah pandemi, mumpung semua pihak mendukung agar UMKM mencakup pasar global. Ayo kita raih itu dengan cara bertransformasi ke ranah digital melalui e-commerce,” kata Amsakar.

Menurut Amsakar, UMKM yang dibawa ke Singapura ini sebagian dari Batam. Melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, pihaknya akan terus memberi dukungan terhadap UMKM.

Kepala Perwakilan BI Kepri, Musni Hardi K Atmaja mengatakan kegiatan Gebyar Melayu Pesisir yang akan berlangsung selama empat hari ini mengusung tema “Sinergi Membangun UMKM Kepri Bangkit Menuju Pasar Global”.

“Di GMP pertama fokus mendorong digitalisasi dan pemasaran UMKM. Sementara kegiatan kali ini tidak hanya lokal Kepri namun juga ke luar negeri,” ujar Musni.

Beragam rangkaian digelar, salah satunya peningkatan produk UMKM. Ia berharap, dengan acara itu, dapat mendorong UMKM Kepri.

“UMKM harus ditingkatkan kapasitas dan semoga menghasilkan produk unggulan sehingga bisa bersaing tidak hanya di Kepri tapi juga di luar Kepri,” katanya.

Hadir secara virtual, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo, Deputi Gubernur BI, Doni Primanto Joewono, dan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad.

Di kesempatan itu, Sandi Uno optimistis UMKM Kepri mampu bangkit kembali. Menurutnya, UMKM Kepri sangat bersemangat dalam menuju pasar global.

“Bangkitlah menjadi pemenang, melalui ini (Gebyar Melayu Pesisir), mari bangkitkan ekonomi dan mensejahterakan masyarakat. Maju terus pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia,” ujar Sandi Uno.

Editor: DWIK

Caption: Wakil Walikota Batam Amsakar Ahmad hadir di Gebyar Melayu Pesisir II. F.Ist untuk pojokbatam.id