Foto: GettyImages

Beberapa makanan dan minuman yang ada di dunia ternyata juga disajikan di surga. Termasuk khamr yang tidak memabukkan, air jahe dan aneka buah segar jadi minuman para penghuni surga.

Sebagai umat muslim, wajib hukumnya mempercayai surga dan neraka. Surga adalah tempat bagi orang-orang yang semasa hidupnya melakukan hal baik.

Di surga, Allah SWT menjanjikan tempat terbaik dengan segala keindahan. Termasuk di dalamnya, orang-orang mukmin bisa menikmati aneka makanan tanpa terkecuali.

Dalam Al-Qur’an tercatat beberapa makanan dan minuman yang bisa dinikmati di dalam surga. Beberapa diantaranya adalah air jahe, madu, aneka buah segar bahkan khamr yang tidak memabukkan.

Allah SWT berfirman dalam surah Al Mursalat ayat 43,

“(Dikatakan kepada mereka), ‘Makan dan minumlah kamu dengan rasa nikmat sebagai balasan dari apa yang telah kamu kerjakan.” (QS. Al Mursalaat: 43).

Dilansir dari berbagai sumber, berikut makanan dan minuman yang disajikan di surga:

1. Air kafur dari mata air telaga Al Kautsar

Umat muslim yang masuk surga, pertama kali akan disuguhi air kafur. Minuman ini diambil dari mata air telaga Al Kautsar yang berada di dalam surga.

Disebutkan, telaga Al Kautsar adalah sumber mata air yang sangat jernih dan luas. Telaga ini berada di dalam surga.

Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

“Al Kautsar adalah sungai yang dijanjikan Rabbku ‘Azza wa Zalla untukku. Di sana, terdapat kebaikan yang banyak. Ia adalah telaga yang akan didatangi umatku pada hari kiamat. Jumlah bejananya sebanyak bintang-bintang,” (HR. Muslim).

Keutamaan air kafur juga disebutkan dalam Al-Quran surah Al Insaan ayat 5-6.

“Susungguhnya, orang-orang yang berbuat kebajikan akan minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur, (yaitu) mata air (dalam surga) yang diminum oleh hamba-hamba Allah, yang mereka memancarkan dengan sebaik-baiknya.” (QS. Al Insaan: 5-6).

2. Air jahe

Bukan hanya air kafur, para penghuni surga juga akan disuguhi air jahe. Tentu air jahe di surga akan berbeda dengan air jahe yang ada di dunia. Disebutkan para penguhuni surga akan dijamu dengan campuran air jahe dari mata air surga Salsabil.

Allah SWT berfirman dalam surah Al Insaan ayat 17-18. “Di dalam surga itu, mereka diberi segelas minuman bercampur jahe, (yang didatangkan dari) sebuah mata air yang dinamakan Salsabil.” (QS. Al Insaan: 17-18).

Susu dan madu beberapa kali disebutkan dalam surah di Al Qur’an sebagai minuman yang ada di surga. Dua minuman ini memang ada juga di dunia dan terkenal dengan khasiatnya untuk kesehatan.3. Air susu dan madu

“Dan, sesungguhnya, pada bintang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari apa yang ada dalam perutnya, (berupa) susu yang bersih antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.” (QS. an-Nahl: 66).

Allah SWT juga berfirman dalam surah Muhammad ayat 15 yang menyebut susu serta madu mengalir dalam sungai di surga.

“Perumpamaan taman surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa, di sana ada sungai-sungai yang yang airnya tidak payau, dan sungai-sungai air susu yang tidak berubah rasanya, dan sungai-sungai khamar (anggur yang tidak memabukkan), yang lezat rasanya bagi peminumnya, dan sungai-sungai madu yang murni. Di dalamnya, mereka memperoleh segala macam buah-buahan dan ampunan dari Tuhan mereka. Samakah mereka dengan orang yang kekal dalam neraka dan diberi minuman dengan air yang mendidih, sehingga usus-ususnya terpotong-potong.” (QS. Muhammad: 15).

4. Khamr yang tidak memabukkan

Bagi umat muslim, khamr termasuk minuman haram yang dilarang dikonsumsi karena bersifat memabukkan. Tapi di surga, ada khamr yang tidak memabukkan dan bisa dinikmati seluruh penghuni surga.

Dalam surah Ash Shafaat ayat 45-47, umat muslim yang masuk surga diperbolehkan mengonsumsi khamr. “Diedarkan kepada mereka gelas yang berisi khamr dari sungai yang mengalir. (Warnanya) putih bersih, sedap rasanya bagi orang-orang yang minum. Di dalamnya, (khamar itu), tidak ada (unsur) yang memabukkan dan mereka tiada mabuk karenanya.” (QS. ash-Shafaat: 45-47).

5. Buah segar

Buah-buahan juga jadi makanan para penghuni surga. Dalam Al-Qur’an disebutkan berbagai jenis buah mulai dari kurma, delima hingga buah tin.

Aneka buah ini bisa disantap sepuasnya, bahkan pohon buah di surga tak berhenti berbuah serta mudah digapai. Buah di surga tentu saja memiliki rasa yang jauh lebih lezat dibandingkan buah di dunia.

“Dan buah-buahannya banyak, yang tidak berhenti (berbuah) dan tidak terlarang mengambilnya.” (QS. Al Waqi’ah: 32-33).

“Di dalam kedua surga itu, ada buah-buahan, kurma, dan delima.” (QS. ar-Rahman: 68).

Editor : Aron
Sumber : detifood