Aktivitas di pagi hari dapat mempengaruhi hari Anda. Berikut 7 kebiasaan di pagi hari yang buat otak tetap fokus.(Foto: iStockphoto/torwai)

Tak bisa dimungkiri, pekerjaan menumpuk, stres dan cemas akibat pandemi membuat otak susah sekali diajak fokus. Di tengah work from home (WFH), Anda juga dituntut untuk tetap bisa menyelesaikan tugas sembari mengajari anak mengerjakan PR misalnya.
Anda bisa mengatasi situasi sibuk ini dengan kebiasaan di pagi hari yang buat otak tetap fokus. Lakukan kebiasaan-kebiasaan sederhana ini hidup makin produktif.

Berikut 7 kebiasaan di pagi hari yang buat otak tetap fokus.

1. Bunyi alarm yang lebih tenang
Ahli saraf Patrick K Porter menjelaskan raungan alarm yang mengagetkan berefek buruk pada sistem saraf. Cobalah untuk bangun tanpa bunyi alarm karena dapat membantu otak untuk lebih fokus. Atau Anda bisa mengganti bunyi alarm dengan bunyi yang lebih tenang.

2. Meditasi
Salah satu kebiasaan di pagi hari yang buat otak tetap fokus adalah meditasi. (Foto: iStockphoto/LightFieldStudios)
Demi kesehatan dan ketajaman otak, ahli saraf Kristen Willeumier menyarankan untuk melakukan meditasi di pagi hari. Tidak perlu lama, meditasi bisa dilakukan selama beberapa menit.

“Meditasi mengurangi stres dan kecemasan dengan mengurangi kortisol dan epinefrin, yang membantu mengatur tekanan darah, detak jantung, dan pola pernapasan,” kata Willeumier mengutip dari Well and Good.

Selain itu, meditasi akan menciptakan sinkronisasi seluruh bagian otak sehingga meningkatkan kreativitas, pembelajaran, fokus dan perhatian.

3. Membaca buku
Di hari-hari yang serba cepat dan praktis, orang perlahan melupakan hal-hal sederhana untuk merangsang pikiran sekaligus membuat rileks. Ahli bedah saraf Jason Liauw, menyarankan untuk membaca di pagi hari. Membaca merupakan aktivitas terbaik untuk menajamkan otak.

“Membaca buku yang bagus atau koran pagi bukan hanya cara yang menenangkan untuk memulai hari Anda, tetapi juga dapat membantu Anda mengatur ulang prioritas Anda, membawa Anda keluar sejenak dari kesibukan sehari-hari sebelum hari ini dimulai,” kata Liauw seperti dikutip dari The Healthy.

4. Segelas air putih
Mulai hari dengan segelas air putih. Sepanjang malam tubuh tidak memperoleh asupan apapun termasuk cairan.
Segelas air akan memberikan hidrasi yang diperlukan tubuh. Lanjutkan konsumsi air putih dengan tujuh gelas berikutnya sepanjang hari atau minimal 2 liter. Hidrasi berpengaruh pada kemampuan fokus dan berpikir yang baik.

5. Olahraga
Olahraga memberikan beragam manfaat buat kesehatan dan suasana hati. Olahraga ternyata juga mempengaruhi kinerja otak Anda seharian.

Ahli neuropsikologi Jennifer Wolkin mengatakan olahraga mampu mengubah kimia otak dan mirip dengan efek obat antidepresan.

“Ini menandakan pelepasan beberapa neurotransmiter utama, banyak di antaranya memainkan peran penting dalam menjaga otak kita tetap tajam seiring bertambahnya usia,” kata Wolkin.

Olahraga pun membantu memompa aliran darah dan oksigen ke otak sehingga Anda mampu mengambil keputusan, memberikan penilaian dan memori lebih baik.

6. Konsumsi buah-buahan hingga kacang-kacangan
Pilih menu sarapan yang mendukung kesehatan usus. Pilih menu sarapan terdiri dari buah-buahan, sayur, biji-bijian, kacang-kacangan. Perpaduan oatmeal dan potongan buah, smoothie pisang dan nanas atau sandwich dari roti gandum dan isian selai kacang bisa jadi pilihan.

“Mikroorganisme di usus kita melepas neurotransmitter, vitamin, hormon dan molekul sinyal lain yang bisa mempengaruhi mood, tingkah laku dan fungsi kognitif,” kata Willeumier.

7. Musik klasik

Agar otak lebih sehat, coba putar musik klasik.

Ahli kesehatan Dian Griesel mengatakan mendengarkan musik klasik sembari berdandan atau sarapan memberikan dampak pada peningkatan kemampuan verbal, fungsi kognitif dan fokus.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia