Belum lama ini viral di media sosial seorang pengguna TikTok di Eropa, Dave Ramirez, yang mempopulerkan madu beku sebagai camilan dan dinilai sebagai makanan yang menyegarkan.

Madu sudah lama dikenal sebagai salah satu bahan alami yang bermanfaat untuk kesehatan.

Tren tersebut setidaknya menarik juta penonton TikTok dan menjadikan Dave sebagai “Frozen Honey King”.

Sehingga, banyak orang yang mencoba hal yang sama untuk mengonsumsi madu beku. Berbagai respons diberikan oleh mereka yang pernah mencoba.

Daniella Shaba (20), misalnya, mencoba tren itu dan akhirnya menikmati bagaimana tekstur madu menjadi sangat kenyal dan berbeda dengan permen-permen yang dibuatnya, mengingat dirinya adalah seorang pembuat permen.

“Saya sangat suka ini, tentu ini berbeda dari permen-permen saya, dan ada banyak sekali pilihan,” kata Daniella.

Dikutip dari laman Healthline, pakar nutrisi di Chicago, Amanda Izquierdo, mengatakan bahwa tren ini bisa dibilang setara dengan makan permen dalam jumlah yang banyak di satu waktu.

“Tidak ada manfaatnya untuk kesehatan, dan tentunya ini juga mengganggu kadar gula di dalam tubuh dan akhirnya menyebabkan Anda mudah lapar dan mengalami gangguan saluran pencernaan,” ujarnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh nutrisionis dari New York, Sarah Rueven, ia menilai tren ini membuat kandungan madu menjadi berbahaya bagi tubuh.

Hal tersebut karena para pelaku tren itu menggunakan madu dalam jumlah yang banyak dan melebihi batasan kebutuhan dan kewajaran yang bisa diterima oleh tubuh manusia.

Madu dan efeknya

Madu merupakan bahan pemanis alami yang memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi dan dikelola dengan baik, mulai dari meningkatkan kesehatan jantung, dan juga bisa menjaga kadar antioksidan di dalam tubuh.

Namun selayaknya sesuatu jika dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak, maka madu menjadi tidak efektif dan justru berbahaya bagi orang yang mengkonsumsinya.

Hal ini disebabkan karena madu mengandung banyak gula dan juga kalori yang jika berlebih bisa berbahaya bagi tubuh.

Ahli nutrisi Amanda Izquierdo mencontohkan, untuk orang yang memiliki kebutuhan kalori 2000 kalori per harinya, maka jumlah madu yang boleh dikonsumsi hanya 4 sendok makan.

Editor : Aron
Sumber : detikhealth