Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara simbolis memberikan bonus untuk para atlet peraih medali di Olimpiade Tokyo 2020 di Istana Bogor, Jumat (13/8) pagi.

Jumlah bonus yang diberikan pun naik sebesar Rp500 juta dari nilai yang dijanjikan sebelumnya.
Untuk peraih medali emas, yakni pasangan ganda putri bulu tangkis Greysia Polii/Apriyani Rahayu mendapat bonus Rp5,5 miliar.

Sebelumnya, bonus peraih medali emas yang dijanjikan pemerintah adalah sama dengan Olimpiade Rio 2016, yakni Rp5 miliar.

Bonus untuk peraih medali perak dari atlet angkat besi kelas 61kg Eko Yuli Irawan yang awalnya dijanjikan bonus Rp2 miliar, berhak mendapat Rp2,5 miliar. Sedangkan peraih medali perunggu, yakni Windy Cantika, Rahmat Erwin Abdullah, dan Anthony Sinisuka Ginting Rp1,5 miliar.

“Atas prestasi yang diraih, pemerintah memberikan apresiasi berupa bonus, tapi mungkin angkanya tidak perlu saya sebut. Apa perlu saya sebut, karena situasinya pandemi? Tidak apa apa ya saya sebut,” kata Jokowi dalam sambutannya.

“Untuk medali emas Rp5,5 miliar, peraih medali perak Rp2,5 miliar, kemudian medali perunggu Rp1,5 miliar. Bonus juga diberikan kepada para pelatih dan atlet non peraih medali. Cukup gede tapi enggak usah saya sebut,” ucap presiden menambahkan.

Jokowi berharap, prestasi yang diraih atlet dan bonus yang diberikan pemerintah, menjadi inspirasi bagi masyarakat lainnya. Perjuangan dan kerja keras para atlet dalam Olimpiade Tokyo 2020 diharapkan menjadi tauladan bagi atlet Indonesia lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Presiden Jokowi juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan perjuangan pantang menyerah kontingen Indonesia, baik sebelum maupun saat Olimpiade Tokyo. Perjuangan mereka selama masa pandemi bukan perihal yang mudah.

“Ahamdulillah kita patut bersyukur saudara-saudara tiba di Tanah Air dalam keadaan sehat dan selamat. Saya beserta seluruh rayat sangat bangga atas perjuangan dan kerja keras yang telah saudara-saudara lakukan di Tokyo dan sangat mengapresiasi hasil medali yang telah diraih,” kata Jokowi.

“Saya juga ingin mengucapkan selamat untuk para peraih medali, baik emas, perak, maupun perunggu. Juga terima kasih untuk para atlet, para pelatih, para pendamping, duta besar Indonesia di Kerajaan Jepang, dan semua yang mensukseskan acara ini,” ucap Jokowi menambahkan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini secara khusus mengucap terima kasih untuk pasangan ganda putri bulu tangkis Indonesia Greysia/Apriyani yang menyumbang medali. Jokowi berterima kasih karena tradisi medali emas di Olimpiade bisa dijaga.

Editor : Will
Sumber : CNN