Jorge Martin menang MotoGP Styria 2021 setelah mengalahkan Joan Mir dalam balapan yang sempat diwarnai bendera merah atau red flag di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (8/8).

Francesco Bagnaia memulai balapan dengan sempurna dengan unggul atas Martin. Insiden sempat terjadi di tikungan pertama antara Marc Marquez dengan Aleix Espargaro. Kedua pembalap asal Spanyol itu sempat bersenggolan.

Fabio Quartararo sempat tercecer ke posisi enam di awal balapan, tapi pembalap Yamaha itu mampu tampil agresif setelah sedikit duel dengan rekan setimnya, Maverick Vinales.

Lap pertama selesai dengan Bagnaia di depan, disusul Martin, Joan Mir, dan Marquez. Mir dan Marquez kemudian sempat bersenggolan dan membuat The Baby Alien turun ke posisi enam.

Balapan kemudian dihentikan pada lap ketiga setelah bendera merah dikibarkan menyusul kecelakaan yang melibatkan Dani Pedrosa dan Lorenzo Savadori di tikungan tiga. Motor kedua pembalap terbakar setelah tabrakan.

Dalam start ulang dengan jumlah lap 27 dan posisi start seperti awal balapan, Jack Miller memimpin atas Martin dan Mir di awal balapan. Marquez dan Aleix lagi-lagi bersenggolan di tikungan pertama seperti balapan pertama.

Nasib sial dialami Vinales. Sepeda motor Top Gun mati sebelum sighting lap dan Vinales harus memulai balapan dari pit lane.

Balapan mulai terbentuk usai lap ketiga setelah Martin dan Mir sukses menyalip Miller. Quartararo juga sukses menyalip Miller di lap keenam. Di titik ini Martin dan Mir sudah mulai menjauh dari Quartararo di posisi ketiga.

Quartararo mulai mampu bernapas lega dalam mempertahankan posisi ketiga setelah Miller terjatuh di tikungan tujuh saat balapan menyisakan sepuluh lap. Tapi, El Diablo sudah terlalu jauh untuk menggejar Martin dan Mir.

Martin juga diuntungkan dengan kesalahan Mir di tikungan tiga saat balapan menyisakan lima lap. Martin kemudian mempertahankan posisi terdepan dan menang MotoGP Styria 2021. Mir finis kedua dengan Quartararo merebut podium ketiga.

Editor: Nul

Sumber: cnnindonesia