Ilustrasi vaksin. F.ist

Orang yang telah sembuh dari infeksi virus corona dapat melakukan vaksinasi Covid-19 di fasilitas layanan kesehatan terdekat. Kapan waktu vaksin setelah sembuh Covid-19 yang ideal?
Berdasarkan rekomendasi Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), waktu vaksin setelah sembuh Covid-19 adalah setelah tiga bulan.

“Penyintas Covid-19 jika sudah sembuh minimal tiga bulan, maka layak diberikan vaksin Covid-19,” tulis PAPDI dalam rekomendasinya.

Rentang waktu tiga bulan untuk mendapatkan vaksin bisa dimulai sejak dinyatakan negatif Covid-19.

Sejumlah studi juga menunjukkan bahwa penyintas Covid-19 yang sudah sembuh setidak dua pekan, aman diberikan vaksin Covid-19 dosis pertama. Dosis kedua dapat diberikan setelah interval yang sudah ditetapkan setiap merek vaksin.

Pemberian vaksin pada orang yang telah sembuh dari Covid-19 dinilai memberikan manfaat lebih. Epidemiolog dari Griffith University, Australia, Dicky Budiman menyatakan vaksin pada pasien Covid-19 yang telah sembuh dapat memberikan perlindungan atau antibodi yang lebih kuat.

Hasil studi menunjukkan bahwa titer atau kekuatan imunitas penyintas Covid-19 bisa 10 kali lipat lebih tinggi jika langsung disuntik dengan vaksin jenis mRNA seperti vaksin Pfizer dan Moderna.

“Ada studi di mana bahwa diperlihatkan manfaat yang lebih besar, walaupun ini studinya messenger RNA (mRNA), bahwa ternyata orang yang penyintas diberi vaksin itu antibodinya 10 kali lebih meningkat,” kata Dicky kepada CNNIndonesia.com pada Juli lalu.

Itulah waktu vaksin setelah sembuh Covid-19 yang ideal. Vaksin Covid-19 bisa didapatkan di fasilitas layanan kesehatan terdekat.

Editor: Nul

Sumber: cnnindonesia