Atlet lari gawang Norwegia Karsten Warholm benar-benar menjadi raja di nomor lari gawang 400m putra setelah berhasil memecahkan rekor dunia dan rekor Olimpiade di Olimpiade Tokyo 2020.

Tampil di final lari gawang 400m putra di Stadion Olimpic, Tokyo, Selasa (3/8), Warholm berhasil menjadi pemenang dengan meraih catatan waktu 45,94 detik.

Pelari asal Norwegia itu sukses mengungguli Rai Benjamin dari Amerika Serikat yang berada di posisi kedua dengan catatan waktu 46,17 detik dan unggul atas wakil Brasil Alison Santos yang finis di urutan ketiga dengan catatan waktu 46,72 detik.

Dengan kemenangan ini Warholm berhasil merebut medali emas pertamanya di ajang Olimpiade.

Atlet berusia 25 tahun ini juga berhasil memecahkan rekor Olimpiade yang sebelumnya dipegang oleh pelari Amerika Serikat Kevin Young dengan waktu 46,78 detik.

Bukan hanya itu, Warholm juga sukses memperbaharui rekor dunia yang telah dipegangnya sendiri sejak 1 Juli 2021 dengan waktu 46,70 detik.

Artinya, Warholm telah memperbaiki kecepatannya dengan selisih tiga perempat detik yang kemungkinan sulit untuk bisa dilampaui atlet lain.

Tokyo 2020 Olympics - Athletics - Men's 400m Hurdles - Final - Olympic Stadium, Tokyo, Japan - August 3, 2021. Karsten Warholm of Norway poses next to his new world record as he celebrates after winning gold. REUTERS/Andrew BoyersAtlet Norwegia Karsten Warholm berpose di samping catatan waktunya yang sukses memecahkan rekor dunia di nomor lari gawang 400m putra di Olimpiade Tokyo 2020. (REUTERS/Andrew Boyers)

Juara dunia dua kali itu pun tampak terkejut dan tak menyangka ketika melihat catatan waktu yang dihasilkannya di final lari gawang 400m putra Olimpiade Tokyo 2020.

Atlet berusia 25 tahun itu langsung merobek bajunya sebagai luapan emosi bahagia karena berhasil merebut medali emas, memecahkan rekor Olimpiade, dan memperbaharui rekor dunianya sendiri.

Editor: Nul

Sumber: cnnindonesia