Gubernur H. Ansar Ahmad melantik Ketua dan Wakil Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepri Periode 2021-2026 di Gedung Daerah Tanjungpinang, Selasa (3/8/2021).

Arusman Yusuf sebagai ketua, Suparwi sebagai Wakil Ketua I, Pauzi sebagai Wakil Ketua II, Nanang Rohendi sebagai Wakil Ketua III, dan Deni Mulyana sebagai Wakil Ketua IV.

“Semoga pengukuhan ini, semakin meneguhkan semangat dan komitmen kita semua, untuk semakin mengembangkan tata kelola zakat di Provinsi Kepulauan Riau ini,” harap Ansar

Menurut Ansar, pimpinan Baznas Provinsi Kepulauan Riau dituntut harus bekerja cepat dan profesional serta memegang teguh asas syariat Islam, amanah dan integritas, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, akuntabilitas dan profesional.

“Pimpinan Baznas Provinsi Kepulauan Riau yang hari ini baru saja dikukuhkan, juga diharapkan untuk segera melakukan penataan kelembagaan serta peningkatan kualitas pengurus, saya berharap kepada pimpinan Baznas yang baru agar tidak hanya sekadar menjalankan program Baznas periode sebelumnya. Tetapi juga harus mampu melahirkan gagasan dan langkah-langkah baru yang kongkrit untuk memajukan peran dan fungsi Baznas secara komprehensif di Kepri,” tambahnya.

Masih kata Ansar, optimalkan seluruh kapasitas SDM Amil dan libatkan jalinan kemitraan yang baik dengan berbagai stakeholder. Pastikan pengelolaan zakat di Provinsi Kepulauan Riau mematuhi prinsip Aman Syar’i, Aman Regulasi, dan Aman NKRI.

“Besarnya potensi pengumpulan zakat di Provinsi Kepulauan Riau yang mencapai Rp3 triliun atau setara dengan 1,82% dari PDRB tahun 2017. Hal ini berdasarkan Indikator Pemetaan Potensi Zakat (IPPZ) hasil penelitian Pusat Kajian Strategis (PUSKAS) Baznas RI Tahun 2019.Di masa pandemi saat ini, peran zakat menjadi semakin penting untuk meredam dampak multidimensi dari Pandemi Covid-19. Oleh karenanya, perlu dilakukan pengoptimalan dalam proses pengumpulan zakat agar kontribusi zakat dapat terus ditingkatkan dalam pengentasan kemiskinan dan mewujudkan keadilan sosial,” jelas Ansar.

Selanjutnya Gubernur Ansar juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada para pimpinan Baznas Provinsi Kepulauan Riau periode sebelumnya, atas kerja keras dan pengabdiannya selama ini.

“Semoga semua itu, dicatat sebagai amal ibadah di sisi Allah SWT. Aamiin ya Rabbal alamin,” pungkas Ansar

Di sisi lain, Ketua Baznas RI Noor Achmad dalam sambutannya berharap dibawah bimbingan Gubernur Ansar, Baznas Kepri akan semakin berkembang dan menunjukkan eksistensinya. Karena kepengurusan yang lalu juga sudah luar biasa.

“Saya berharap kepengurusan yang baru dilantik ini dapat meningkatkan pencapaian kepengurusan yang lalu. Di Baznas pusat, kita sedang melakukan program penguatan organisasi, SDM, Sarana Prasarana, dan jaringan. Saya harap kepengurusan Baznas daerah dapat mengikutinya, penguatan sarpras, terutama digitalisasi sehingga ada pelaporan pengelolaan zakat yang dapat terus menerus dipantau Gubernur. Juga nantinya akan menjadi jaringan nasional sehingga dapat dilihat masyarakat secara transparan,” tutup Noor. (Advetorial)