Anthony Sinisuka Ginting lolos ke semifinal tunggal putra badminton Olimpiade Tokyo 2020 usai mengalahkan Anders Antonsen 21-18 dan 21-18 di Musashino Forest Sports Plaza, Tokyo, Sabtu (31/7)

Perolehan poin ketat sudah terjadi sejak awal gim pertama. Baik Ginting dan Antonsen bermain dengan sabar dan sering melakukan reli panjang.

Smes keras Ginting tidak mampu dikembalikan Antonsen hingga tunggal putra Indonesia unggul 11-8 di interval gim pertama. Tapi, Antonsen mampu bangkit hingga menyamakan kedudukan 12-12 karena sejumlah kesalahan yang dilakukan Ginting.

Permainan net yang impresif menjadi kunci sukses Ginting usai interval. Antonsen kesulitan menghadapi permainan depan Ginting hingga wakil Indonesia unggul hingga game point 20-14.

Antonsen sempat mendekat hingga 18-20, namun sebuah smes Ginting di depan net berhasil membawa unggulan kelima Olimpiade Tokyo menang 21-18 di gim pertama.

Di gim kedua laga kembali berjalan alot. Sempat kedudukan imbang 5-5, Ginting kemudian kehilangan fokus setelah beberapa kali pengembalian bolanya out hingga Antonsen unggul 10-5. Antonsen kemudian menutup interval gim kedua dengan keunggulan 11-5.

Antonsen yang berada di peringkat tiga dunia mulai menemukan ritme permainan sejak usai interval. Sebaliknya Ginting lebih sering melakukan kesalahan sendiri. Antonsen sempat unggul hingga 17-8.

Perlahan tapi pasti Ginting mulai bangkit dan mendulang poin demi poin hingga mendekat 15-19. Namun, jarak keunggulan yang cukup jauh dimanfaatkan Antonsen untuk merebut kemenangan 21-15 di gim kedua.

Sebuah smes keras kemudian membuat Ginting dalam posisi match point 20-17. Ginting kemudian memastikan langkah ke semifinal usai menang 21-

Di gim terakhir Antonsen lebih banyak unggul sejak awal. Namun, Ginting tidak menyerah. Sempat tertinggal tiga poin, Ginting kemudian mendekat hingga 8-9. Antosen kemudian unggul 11-9 saat interval.

Dua kali kesalahan dalam melakukan smes yang dilakukan Ginting membuat Antonsen sempat menjauh 11-14. Tapi, Ginting tidak menyerah dan sukses berbalik unggul 15-14 lewat permainan net yang apik.

Perolehan poin kemudian menjadi sengit di lima poin terakhir. Ginting sukses unggul dua poin di posisi 18-16 berkat smes keras. Ginting berhasil melakukan match point di posisi 21-17 dan kemudian menang 21-18 di gim terakhir.

Pada babak semifinal yang akan berlangsung Minggu (1/8), Ginting akan menghadapi pemenang antara Chen Long melawan Chou Tien Chen.

Editor: Nul

Sumber: cnnindonesia