Kasus harian corona Malaysia tertinggi di Asia Tenggara. (AFP/MOHD RASFAN)

Pandemi virus corona (Covid-19) yang telah melanda dunia sejak akhir 2019 belum juga menunjukkan tanda-tanda akan mereda.

Saat ini, sebagian negara bahkan masih terancam gelombang baru penularan Covid-19, terutama setelah kemunculan sejumlah mutasi corona seperti varian Delta yang lebih mematikan.

Sejumlah negara yang dinilai sukses mengendalikan Covid-19 di awal pandemi kini juga tengah menghadapi gelombang baru penularan virus corona.

Berikut daftar negara yang terus mencatat rekor infeksi harian Covid-19.

Korea Selatan

Korea Selatan mencatat rekor penambahan kasus harian Covid-19 tertinggi dengan 1.896 orang Rabu (28/7). Lonjakan kasus itu didominasi oleh virus corona varian Delta.

Jumlah tersebut mengalahkan rekor sebelumnya pada 22 Juli dengan 1.838 kasus.

Seperti dikutip dari Reuters, Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) mengatakan sebanyak 1.823 kasus ditularkan secara lokal. Dari jumlah itu sebanyak 611 atau 33,5 persen berasal dari luar wilayah Seoul.

Peningkatan jumlah kasus di Negeri Ginseng itu dipicu varian Delta yang disebut lebih menular. Pada pekan ketiga Juli, sebanyak 48 persen kasus baru teridentifikasi sebagai varian Delta.

Korsel merupakan salah satu negara yang dianggap sukses mengendalikan corona di awal pandemi muncul, bahkan tanpa kebijakan penguncian wilayah (lockdown) seperti kebanyakan negara lainnya.

Berdasarkan data statistik Worldometer, secara kumulatif total kasus corona di Korsel mencapai 193 ribu dengan 2.083 kematian.

Jepang

Jepang mencatat rekor infeksi Covid-19 harian dengan lebih dari 8.000 kasus pada Selasa (27/7). Sebanyak 3.177 kasus baru itu terdapat di Ibu Kota Tokyo yang tengah menjadi tuan rumah Olimpiade.

Penyelenggaraan ini memicu kekhawatiran, mengingat Jepang masih terus mengalami lonjakan kasus Covid-19.

Banyak warga cemas mengenai penularan Covid-19 karena varian Delta. Namun, penyelenggara Olimpiade dan pemerintah Jepang tetap menggelar ajang olahraga dunia empat tahunan itu.

Malaysia

Kementerian Kesehatan Malaysia mencatat rekor infeksi Covid-19 harian tertinggi dengan 17.405 kasus pada Selasa (27/7).

Selain infeksi harian, kematian akibat Covid-19 juga mencetak rekor tertinggi yakni sebanyak 207 kematian di hari yang sama.

Angka itu menjadikan total penularan Covid-19 di Malaysia mencapai 1.061.476 kasus dengan 8.408 kematian.

Seorang relawan pengurus pemakaman di Malaysia mengungkap kengerian di rumah sakit di Negeri Jiran, di mana jasad pasien Covid-19 bertumpuk selama berhari-hari karena para petugas kewalahan.

Rekor kasus harian dan kematian ini terjadi ketika Malaysia hendak mencabut status darurat pandemi Covid-19 pada 1 Agustus mendatang setelah tujuh bulan diterapkan.

Malaysia juga mencatat 1.009 pasien Covid-19 dirawat di unit perawatan intensif (ICU) berbagai rumah sakit di penjuru negeri pada Senin (26/7). Jumlah itu yang tertinggi sejak pandemi Covid-19 menyebar di Malaysia.

Thailand

Thailand juga terus mencatat rekor infeksi Covid-19 harian, termasuk pada Selasa (27/7) dengan 16.533 kasus.

Di hari yang sama, Thailand juga mencatat 133 kematian akibat Covid-19

Sebagaimana dilansir Reuters, jumlah itu menjadikan total penularan virus corona di Thailand menjadi 543.361 kasus dengan 4.397 kematian.

Lonjakan penularan corona ini semakin membuat rumah sakit di penjuru negeri penuh. Selama ini, pemerintah Thailand juga mengisolasi siapa pun yang dinyatakan positif Covid-19 di rumah sakit, terlepas dari gejala ringan atau berat.

Akibat kuota tempat tidur rumah sakit yang terus menipis, Kementerian Kesehatan Publik Thailand memulangkan ratusan pasien Covid-19 dari rumah sakit di Ibu Kota Bangkok menggunakan kereta api.

Melansir CNN, Menkes Thailand, Anutin Charnvirakul, mengatakan sebuah kereta mengangkut 135 pekerja migran yang dinyatakan positif Covid-19. Seluruh pasien Covid-19 itu menderita gejala ringan atau bahkan tanpa gejala Covid-19.

Kereta itu akan mengantar ratusan pasien ke tujuh provinsi. Di masing-masing provinsi para pasien akan dijemput oleh tim perawat yang akan mengantar mereka ke tempat isolasi dan perawatan.

Filipina

Filipina kembali mencetak rekor infeksi corona harian pada Selasa (27/7) dengan 7.186 kasus dan 72 kematian.

Rekor infeksi baru ini menjadi yang tertinggi dalam enam pekan terakhir.

Presiden Rodrigo Duterte memperingatkan akan menerapkan pembatasan sosial yang lebih ketat jika penularan Covid-19 di Filipina terus memburuk.

Editor: Nul

Sumber: cnnindinesia