Teh adalah minuman racikan dari tanaman yang disukai banyak orang. Selain memiliki rasa dan aroma yang menenangkan, teh juga dapat meningkatkan imun tubuh. Minum teh hangat juga bisa menstabilkan suhu tubuh dan mencegah munculnya alergi dan pilek.

Terdapat sejumlah teh herbal yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Teh herbal ini umumnya bebas kafein karena terbuat dari buah-buahan, bunga, hingga rempah-rempah.

Berikut tujuh resep teh herbal untuk tingkatkan imun tubuh:

1. Teh kunyit

Kunyit merupakan rempah yang mudah ditemukan di Indonesia. Selain berguna untuk memperkaya rasa masakan, kunyit juga bisa diolah menjadi minuman teh.

Studi menunjukkan teh kunyit terbukti bisa meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi gejala radang sendi, dan mengendalikan tekanan darah.

Tak sulit mengolah kunyit menjadi minuman kaya manfaat dan menyegarkan, Anda cukup merebus empat gelas air dengan menambahkan satu hingga dua sendok kunyit bubuk sampai mendidih.

Sebelum dinikmati, saring rebusan dan biarkan selama lima menit hingga hangat. Anda juga bisa menambahkan campuran lain seperti lemon, madu hingga susu untuk memperkaya rasa.

2. Teh jahe

ilustrasi teh jaheTeh jahe adalah salah satu teh herbal yang dapat membantu meningkatkan imun tubuh.(Foto: iStockphoto/Maya23K)

Tak jauh berbeda dengan kunyit, jahe juga menjadi salah satu primadona rempah di Indonesia. Jahe mengandung vitamin C yang tinggi, asam amino, dan mineral seperti seperti kalsium, seng, hingga fosfor.

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, teh jahe juga baik untuk pencernaan. Teh jahe membantu merangsang pencernaan yang lambat.

Tak sulit mengolah jahe menjadi teh kaya manfaat. Anda dapat menyiapkan empat hingga enam irisan jahe dan segelas air panas. Anda bisa menambahkan juga bisa menambahkan madu.

3. Teh peppermint

Teh peppermint dibuat dengan memasukkan daun peppermint atau daun mentol ke dalam air panas. Daun peppermint mengandung beberapa minyak esensial, seperti mentol, menthone, dan limonene. Minyak esensial ini bakal terlepas saat direndam dalam air panas.

Minum teh peppermint dapat membantu meringankan masalah pencernaan, mengurangi hidung tersumbat, menurunkan alergi musiman, dan meredakan sakit kepala.

Untuk mendapatkan satu gelas teh peppermint anda cukup menyiapkan air panas dan beberapa lembar daun peppermint. Teh ini juga aman diminum setiap saat karena bebas kafein.

Namun, jika Anda alergi terhadap peppermint dan pengidap penyakit gastroesophageal reflux (GERD) dianjurkan untuk menghindari teh ini.

Selain memiliki rasa dan aroma yang menenangkan, teh dapat meningkatkan imun tubuh.(F.Istockphoto/OlegKov)  

4. Teh kamomil

Teh kamomil bersifat menenangkan karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Bahkan uap kamomil dipercaya dapat meredakan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan.

Anda cukup menambahkan sedikit bubuk kamomil ke dalam segelas air matang panas. Saring dan minum dua kali sehari. Teh kamomil dapat dikonsumsi kapan saja sepanjang hari.

5. Teh serai

Thai herbal drinks, Lemon grassTeh serai merupakan salah satu teh herbal yang bantu tingkatkan imun tubuh. (Foto: Istockphoto/Toa55)

Teh serai kaya akan antioksidan, memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi, serta membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Teh ini juga dapat membantu meredakan kecemasan.

Untuk membuatnya, Anda cukup menuangkan satu gelas air mendidih ke dalam satu hingga tiga potong serai segar atau kering. Nikmati selagi hangat untuk mendapatkan manfaatnya.

6. Teh oolong

Teh oolong dikenal kaya akan antioksidan. Teh oolong juga memiliki nilai gizi tinggi karena mengandung mineral seperti kalsium, mangan, tembaga dan kalium. Oolong juga kaya akan vitamin.

Menyeruput teh oolong terbukti membantu meringankan masalah pencernaan, stres, dan batuk ringan. Mengutip Boldsky, waktu terbaik minum teh oolong adalah pada pagi hari.

7. Teh Hijau

Teh hijau terbuat dari tanaman Camellia sinensis. Teh ini dikenal dengan ragam manfaatnya yang baik bagi kesehatan mulai dari menurunkan berat badan, peradangan, hingga meredakan perut kembung.

Teh hijau ini mengandung campuran senyawa polifenol seperti flavanol, flavonoid dan asam fenolik. Senyawa ini merupakan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama imun tubuh.

Itulah 7 teh herbal untuk tingkatkan tubuh yang dapat dikonsumsi setiap hari.

Editor: Nul

Sumber: cnnindonesia