Ilustrasi.Presiden Joko Widodo membuka opsi perluasan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat ke daerah-daerah di luar Pulau Jawa dan Pulau Bali. F.Ist

Tanjungpinang dan Batam, dua dari puluhan kota dan kabupaten di Indonesia memastikan akan memberlakukan perpanjangan PPKM Level 4 (sebelumnya PPKM Darurat) hingga 8 Agustus 2021 mendatang.

Pelaksanaan skenario pengendalian tingkat mikro berdasarkan jumlah warga yang terkonfirmasi positif pada RT. Sementara pelaksanaan tugas Posko Desa/Kelurahan tetap dilakukan disesuaikan tingkat PPKM.

Berdasarkan surat edaran dari pemerintah pusat memperpanjang penerapan PPKM Level 4 untuk 45 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali mulai 26 Juli hingga 8 Agustus 2021.

Komite penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional menetapkan pelaksanaan PPKM dilakukan secara gradul dalam empat tingkatan di kabupaten/kota luar Jawa-Bali. Berdasarkan Level asesmen situasi dan risiko tinggi penyebabnya Covid-19.

Koordinator lapangan penerapan protokol kesehatan Kota Tanjungpinang Surjadi membenarkan informasi rencana perpanjangan PPKM Level 4 yang sudah beredar tersebut.

“Benar dan sekarang kita menunggu Instruksi Menteri Dalam Negeri,” ujarnya, Sabtu (24/7/2021).

Senerapan PPKM Level 4 di Kota Tanjungpinang dan Kota Batam sudah dimulai namanya PPKM Darurat yang diterapkan sejak 12 hingga 20 Juli 2021 dan diperpanjang dari 21 Juli hingga 25 Juli.

Editor: Dwik