Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbincang dengan anak-anak dalam puncak peringatan Hari Anak Nasional 2021. Jokowi sempat ditanya terkait tugas presiden.

Momen Jokowi berbincang dengan anak-anak itu ditayangkan di akun YouTube Kementerian PPPA seperti dilihat detikcom, Jumat (23/7/2021). Jokowi menyapa anak-anak dari SD Sudimara, Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah.

“Bagaimana kabar sehat semua?,” tanya Jokowi memulai perbincangan.

“Sehat,” jawab anak-anak.

Jokowi kemudian menjelaskan situasi pandemi COVID-19 yang telah melanda Indonesia sejak Maret 2020. Akibat kondisi tersebut, anak-anak tidak bisa pergi ke sekolah.

“Tapi saya titip anak-anak harus tetap semangat belajar, ya, tetap belajar meskipun tidak di sekolah. Anak-anak rindu juga ya rindu ketemu dengan temannya, ketemu dengan kakeknya, neneknya, pamannya, bibinya gitu ya?” ujar Jokowi.

Jokowi menjelaskan sebenarnya sekolah tatap muka bakal dibuka Juli 2021. Namun rencana itu dibatalkan sebab kasus Corona melonjak lagi.

“Nanti menunggu situasi kalau pandemi virus Corona ini sudah membaik sudah turun kita akan buka belajar tatap muka,” ujar Jokowi.

Barulah ada salah seorang anak yang bertanya tentang tugas Presiden kepada Jokowi. Awalnya Jokowi hanya tersenyum.

“Kalau jadi presiden ngapain aja?” tanya salah seorang anak.

“Iya pak ngapain aja?” timpal anak yang lain.

Jokowi akhirnya menjawab pertanyaan tersebut. Dia menjelaskan tugas Presiden mulai dari memimpin rapat hingga kunjungan ke daerah-daerah.

“Ya memimpin rapat dengan menteri-menteri, kemudian pergi ke Aceh sampai ke Papua untuk mengecek itu, ngecek jalan bagus ndak, ngecek waduk-waduk, ngecek pelabuhan, ngecek airport gitu,” ujar Jokowi.

Pesan Jokowi di Hari Anak Nasional

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengingatkan anak-anak untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Dia juga meminta anak-anak untuk saling mengingatkan.

“Anak-anak yang paling penting anak-anak belajar semuanya. Jangan lupa selalu ini, pakai masker, kalau sehabis kegiatan cuci tangan pakai sabun jangan lupa, dan juga menjaga jarak kalau berbicara dengan yang lainnya. Juga mengingatkan kepada teman-temannya kepada tetangganya untuk selalu memakai masker, kalau ke luar rumah,” ujar Jokowi.

Jokowi meminta anak-anak tetap semangat belajar. Jokowi berharap situasi pandemi ini segera berakhir.

“Anak-anakku semua adalah masa depan Indonesia, harus tetap semangat belajar dan teruslah bergembira, rajin beribadah. Jangan lupa berdoa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa untuk memohon pertolongan bagi kita semua bagi bangsa Indonesia,” tutur Jokowi.

Editor: Nul

Sumber: detiknews