Kasus positif Covid-19 di Tanah Air yang masih tinggi membuat pemerintah harus membatasi kegiatan masyarakat dengan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Bahkan, wacananya PPKM ini akan diperpanjang untuk beberapa waktu ke depan.

Wacana perpanjangan PPKM membuat tak sedikit masyarakat pusing bahkan stres untuk mengelola keuangan mereka. Sebab, kondisi seperti ini menjadi masa yang berat bagi masyarakat dengan adanya beragam ketidakpastian.

Meski demikian, kondisi ini juga bisa jadi awal untuk Anda mulai mengelola keuangan dan lebih melek lagi soal urusan finansial.

Melansir American Psychological Association, berikut 5 cara mudah yang bisa Anda terapkan untuk mulai mengelola keuangan agar tidak stres saat pandemi.

1. Buat Perencanaan Jangka Pendek

Kondisi pandemi seperti saat ini membuat berbagai hal tidak bisa diprediksi. Akan tetapi, penting untuk Anda tetap proaktif memikirkan berbagai kemungkinan yang ada dan mulai melakukan perencanaan terhadap keuangan Anda.

Dengan membuat perencanaan, Anda bisa mengidentifikasi kendala finansial apa saja yang mungkin harus dihadapi di masa mendatang serta mulai memetakan dan menyiapkan berbagai alternatif solusi untuk menghadapi kendala tersebut.

2. Atur Kembali Pengeluaran

Anda bisa mulai mengelola keuangan di masa pandemi seperti saat ini dengan mulai mengatur pengeluaran. Cara ini bisa saja membantu Anda untuk dapat memotong beberapa tagihan yang kurang diperlukan dan mengalihkannya ke tabungan dana darurat atau tabungan masa depan lainnya.

Misalnya, jika Anda bekerja dari rumah atau kost yang menyediakan fasilitas Wi-Fi, maka Anda bisa mengurangi pengeluaran pembelian paket data seluler yang biasa Anda gunakan di luar rumah.

3. Makan Masakan Sendiri

Meski terkesan sepele, cara ini sebenarnya cukup ampuh untuk bantu Anda mengelola keuangan selama PPKM. Sebab tanpa disadari pengeluaran memesan makanan secara online atau makan di restoran seringkali membuat sulit berhemat.

Selain menambah irit pengeluaran, makan di rumah saja juga tentunya sejalan dengan aturan PPKM saat ini untuk membatasi kegiatan di luar rumah. Anda dapat membuat meal preparation per hari agar tak lagi bingung.

4. Mulai Usaha Sampingan

Memulai usaha sampingan bisa membantu Anda meningkatkan penghasilan di masa pandemi. Untuk Anda yang senang berbisnis, Anda mungkin bisa mulai melihat peluang bisnis apa yang diminati pasar saat ini, seperti menawarkan jasa desain, membuat hampers, dan lain-lain. Manfaatkan juga pemasaran digital agar usaha Anda dapat dipromosikan dengan baik.

Sementara bagi Anda yang kurang tertarik berbisnis, mungkin Anda bisa mencari penghasilan tambahan dari pekerjaan freelance yang sesuai keahlian. Usaha-usaha diversifikasi pendapatan ini bisa membantu Anda mengelola keuangan dan menyiapkan dana-dana tambahan untuk kebutuhan di masa mendatang.

5. Buat Analisis Sederhana Keuangan Anda

Salah satu langkah yang paling penting dilakukan untuk mengelola keuangan ialah membuat analisis sederhana mengenai kondisi keuangan Anda. Caranya pun mudah, Anda bisa melacak dan mencatat setiap pendapatan yang didapatkan serta pengeluaran yang harus dibayarkan.

Jika sudah terbiasa, langkah ini bisa mempengaruhi cara kita untuk membelanjakan dan menyimpan uang yang dimiliki. Anda bisa membuat catatan sederhana ini dalam rentang waktu tertentu, misal per minggu atau per bulan. Walau tampak sederhana, langkah ini bisa membawa perubahan besar dalam hidup Anda.

Kini, Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk melacak dan mencatat berbagai aktivitas keuangan sehari-hari salah satunya menggunakan BRImo.

BRImo merupakan aplikasi keuangan digital BRI yang memberi kemudahan bagi nasabah dalam bertransaksi secara digital. Melalui fitur Personal Financial Management (PFM) di BRImo, Anda dapat memantau jumlah pengeluaran yang dilakukan selama bertransaksi menggunakan BRImo.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur Fast Menu untuk transaksi lebih cepat tanpa perlu login yang aman karena diautentikasi menggunakan PIN.

BRImo dapat diunduh di Google Play Store maupun App Store untuk bantu Anda mulai mengelola keuangan agar terhindar dari stres urusan finansial saat pandemi.

Editor: Nul

Sumber: cnnindonesia