Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Marlin Agustina Rudi meminta seluruh Ibu Rumah Tangga (IRT) berperan serta memutus penyebaran Covid-19 yang semaki merajalela di Batam, Kepulauan Riau.

Marlin bahkan menceritakan pengalaman salah satu teman nya yang dinyatakan terpapar Covid-19, sesaat setelah berbelanja kebutuhan pokok di pasar.

“Dan saya baru mendapat kabar bahwa teman saya sudah meninggalkan kami pada tadi malam, di usia 63 tahun,” ungkapnya di hadapan para penerima bantuan sembako PPKM Darurat di Tanjung Uma, Rabu (21/7/2021).

Untuk itu, dalam kesempatan ini Marlin juga mengajak seluruh IRT yang hadir dapat menggunakan double masker saat menjalankan tugas baik itu berbelanja kebutuhan pokok di pasar, dan juga saat menjemput atau mengantar anak.

“Karena kalau kita terpapar kita sendiri ibu, adapun obat hanya membantu kita sementara. Intinya harus kita sendiri, kurangi aktivitas diluar apabila tidak penting, peduli kepada diri sendiri, keluarga, dan lingkungan,” himbaunya.

Marlin juga mengingatkan bahwa saat ini kondisi Fasilitas Kesehatan (Faskes) sudah dalam kondisi menghawatirkan, dan saat ini apabila memungkinkan maka masyarakat Batam juga diminta tidak terpapar dan menjadi pasien kategori Isolasi Mandiri (Isoman).

Dimana bagi para pasien kategori Isoman saat ini juga menjalani karantina dengan biaya sendiri.

“Sekarang sudah sulit bapak dan ibu. Jangan sampai terpapar karena faskes kita sudah mulai penuh. Apabila kita menjadi pasien isoman maka kita harus biaya sendiri nanti,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Subdivre Badan Urusan Logistik (Bulog) Batam, Riky Pebriandy menjelaskan bahwa pelaksanaan pembagian sembako berupa bantuan beras ini merupakan bagian dari program Kementerian Sosial.

Dilakukan sejak Minggu (18/7/2021) lalu sebanyak 37.900 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Dan hari ini yang disalurkan ada 13.470 KPM, yang menerima bantuan untuk di Kelurahan Tanjung Uma ini,” paparnya.

Sudah dijalankan sejak Minggu lalu, Riki menuturkan bahwa baru Kecamatan Batuampar saja yang telah seluruhnya menerima bantuan.

“Dan untuk dua hari ini, kami akan selesaikan penyaluran untuk Kecamatan Lubuk Baja,” tuturnya.

Editor: WIL